Karakter Virus Corona Rapuh dan Mati Saat Kena Deterjen

KalbarOnline.com– Setiap seseorang yang usai kontak dengan pasien positif virus Corona jenis baru atau COVID-19 dan mereka yang khawatir tertular, disarankan untuk melakukan isolasi mandiri. Isolasi dilakukan di rumah dengan tetap disiplin mematuhi pedoman kesehatan.

Salah satunya adalah disiplin menggunakan masker agar tak menulari anggota keluarga lainnya jika timbul gejala klinis seperti batuk, pilek, dan demam. Dan disarankan untuk tidak bergantian alat makan.

Juru Bicara Pemerintah Untuk COVID-19 Achmad Yurianto menjelaskan seseorang yang melakukan isolasi di rumah yakinkan alat makan selalu dicuci dengan sabun. Dan jangan bergantian jika belum bersih.

“Harus pastikan bersih. Dan dicuci dengan sabun deterjen,” katanya kepada wartawan, Senin (16/3).

Baca Juga :  Alihkan Anggaran untuk Covid-19, 25 Ribu Rapid Test Bakal Hadir di Makassar

Jika alat makan sudah dicuci, kata Yurianto, pastikan menggunakan deterjen. Sebab virus Corona akan mati jika alat makan dicuci dengan deterjen.

“Karakter virus Corona bungkusnya rapuh, kena deterjen akan pecah, mati. Deterjen apapun,” jelasnya.

Sedangkan, dalam laman Seattle Times disebutkan Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC) menawarkan kegiatan membersihkan dan mendisinfeksi di rumah saat isolasi mandiri dari virus selama masa inkubasi sampai dua minggu.

Membersihkan bisa menghilangkan kuman dari permukaan. Membersihkan tidak membunuh kuman tetapi menurunkan jumlahnya, mengurangi risiko penyebaran infeksi. Disinfeksi mengacu pada penggunaan bahan kimia untuk membunuh kuman di permukaan.

Baca Juga :  Demo Omnibus Law Dilarang Tapi Pilkada Tetap Jalan, PKS: Sangat Aneh!

Bersihkan dan disinfeksi perabotan setiap hari, termasuk meja, kursi, gagang pintu, sakelar lampu, remote control, gagang, meja, toilet, konter, dan bak cuci. Bersihkan dengan pembersih rumah tangga dan disinfektan. Gunakan sarung tangan sekali pakai saat membersihkan dan mendisinfeksi permukaan.

Permukaan akan bersih dengan deterjen atau sabun dan air. Gunakan larutan pemutih rumah tangga atau deterjen yang telah diencerkan ditambah larutan alkohol setidaknya 70 persen alkohol atau disinfektan rumah tangga yang beredar umum di pasar swalayan. (JPC)

Comment