PMKRI Kapuas Hulu Gelar MPAB Jilid II Perkuat Kaderisasi

PMKRI Kapuas Hulu Gelar MPAB Jilid II Perkuat Kaderisasi

KalbarOnline, Kapuas Hulu – Dewan Pimpinan Calon Cabang Perhimpunan Mahasiswa Katolik Republik Indonesia (PMKRI) Santo Yohanes Don Bosco Calon Cabang Kapuas Hulu menggelar Masa Penerimaan Anggota Baru (MPAB) di Rumah Misi Deo Soli Putussibau, Kecamatan Putussibau Selatan, Kabupaten Kapuas Hulu, Kalimantan Barat mulai 17-19 Desember 2021.

Kegiatan tersebut dibuka dengan Misa oleh Pastor Rafael Servianus Lepen, SMM yang merupakan pastor moderator PMKRI Calon Cabang Kapuas Hulu.

Kegiatan kaderisasi yang berlangsung selama tiga hari dua malam ini juga diwarnai dengan berbagai kegiatan yang menarik, yaitu dengan memberikan materi kepada peserta MPAB, Games, Sharing bersama Alumni, ibadah dan juga beberapa setingan dinamika untuk membentuk mental kader.

Yohanes Belen Wuwur selaku Ketua Presidium PMKRI Calon Cabang Kapuas Hulu Periode 2021-2022 dalam sambutannya menyampaikan, MPAB adalah pendidikan tingkat dasar yang harus dilalui calon anggota PMKRI. Situasi Covid 19 tidak menjadi penghalang untuk belajar melahirkan kader yang berkualitas.

“Masa Penerimaan Anggota Baru (MPAB) adalah langkah awal yang harus dilalui calon anggota PMKRI sebelum kemudian ke tahap pendidikan formal selanjutnya,” ungkap Yanche Wuwur, Jumat, (17/12/2021).

“Sesuai dengan tujuan organisasi ini adalah sebagai wadah pembinaan dan perjuangan, maka kita mengambil tema ‘Mempersiapkan Kader PMKRI yang berani keluar dari zona nyaman serta mampu mengabdikan diri bagi Gereja dan Tanah Air’ untuk lebih menyadarkan semua kader akan panggilan sebagai mahasiswa katolik yang harus bisa keluar dari zona nyaman, siap dibina dan kemudian siap berjuang untuk lebih peduli terhadap Gereja dan Tanah Air,” katanya.

Baca Juga :  Semarakan Milad Muhammadiyah ke-105, PD Nasyiatul Aisyiah Kapuas Hulu Gelar Berbagai Kegiatan

“Kesibukan perkuliahan, pekerjaan bahkan dalam situasi pandemi covid-19, tidak menjadi penghalang semangat kita untuk belajar, menempah diri serta melahirkan kader yang berkualitas dalam kegiatan MPAB ini,” kata dia lagi.

Sementara Ketua Panitia MPAB Paskalia Rinijati melaporkan kegiatan MPAB dan berharap kepada semua kader untuk aktif dalam kegiatan.

“Kegiatan MPAB ini diikuti oleh 10 orang peserta mahasiswa kampus PDD POLNEP Kapuas Hulu dari prodi Teknik Sipil, Teknologi Pengelolaan Hasil Perkebunan dan Teknologi Budidaya Perikanan. Harapan panitia semoga seluruh peserta yang mengikuti kegiatan ini dapat lebih serius dan aktif dalam menempah diri agar menjadi kader yang lebih baik dan berguna bagi Gereja dan Tanah Air,” tutup Rini.

Sebagai salah satu peserta dalam kegiatan MPAB, begini pesan dan kesan yang disampaikan   Yohanes Pande Sio mewakili teman-teman seangkatan.

“Perhimpunan Mahasiswa Khatolik Indonesia (PMKRI) Kapuas Hulu adalah tempat awal saya mengetahui karakter pribadi, cara mengatasi sebuah problem solving dan yang mungkin tidak bisa dicari di manapun yaitu bagaimana persaudaraan di PMKRI itu sendiri,” katanya.

“Kurang lebih tiga hari menjadi bagian dari PMKRI membuat rasa bangga serta mendapatkan pengalaman yang tidak bisa terlupakan untuk diceritakan di hari esok, saling mensupport, mendampingi dan juga memberikan motivasi. Setiap hari memberikan pengalaman tersendiri bagi saya tetapi yang tidak pernah hilang dari setiap harinya adalah rasa saling menghargai satu sama lain,” kata dia lagi.

Baca Juga :  Anak-anak di Kapuas Hulu Antusias Ikuti Vaksinasi Covid

Pria yang akrab disapa pande ini berharap, tradisi dan budaya di PMKRI selalu terjaga dari segi simbol tiga benang merah yaitu Kristianitas, Fraternitas dan Intelektualitas dan PMKRI bisa menjadi organisasi yang selalu terus menciptakan terobosan-terobosan terbaru, menciptakan seorang pemimpin dan menjadi tolak ukur organisasi-organisasi lainnya khususnya di Kapuas Hulu.

Presidium Pendidikan dan Kaderisasi (PPK) PMKRI Santo Yohanes Don Bosco Calon Cabang Kapuas Hulu Periode 2021-2022 saudari Klara Sutina Havi, mengucapkan terimakasih atas telah suksesnya kegiatan MPAB ini.

“Saya mengucapkan banyak terima kasih kepada seluruh panitia dan peserta yang telah mensukses kegiatan ini.Terlaksananya kegiatan ini sangatlah sebuah kebahagian tersendiri bagi saya dan DPCC melihat aktivitas kita masing-masing sangatlah padat tapi masih mau menyempatkan diri untuk ikut ambil bagian dalam kegiatan ini. Semoga apa yang baik dapat kita pertahankan dan yang yang masih kurang kita jadikan pelajaran untuk kedepannya agar kita bisa melaksanakan kegiatan dengan jauh lebih baik dan efektif,” kata dia.

Sebagai Pastor Moderator yang selalu mendukung PMKRI, Pastor Rafael Servianus Lepen, SMM mengapresiasi panitia yang sudah sukses melaksanakan kegiatan MPAB.

“Tanggapan saya MPAB berjalan cukup baik, saya memberi apresiasi kepada panitia yg mampu melaksanakan kegiatan dengan baik. Dalam segala keterbatasan PMKRI Kapuas Hulu tetap bisa memberi yg terbaik dlm melaksanakan program,” tutupnya.

Penulis: Jerinus Ricky Aldiwan

Biro PPO PMKRI Kapuas Hulu

Comment