Pontianak Raih Juara Dua MTQ XXIX Kalbar

Pontianak Raih Juara Dua MTQ XXIX Kalbar

KalbarOnline, Sintang – Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) XXIX Tingkat Provinsi Kalimantan Barat (Kalbar) yang digelar mulai 11 hingga 17 Desember 2021 di Kabupaten Sintang telah berakhir. Kafilah Kota Pontianak meraih peringkat kedua dengan skor 74, setelah Kabupaten Mempawah yang berhasil meraih Juara Umum MTQ Tingkat Provinsi Kalbar dengan skor 83.

Wakil Wali Kota Pontianak Bahasan mengatakan capaian hasil yang diperoleh Kota Pontianak pada MTQ Tingkat Provinsi Kalbar tahun ini merupakan upaya maksimal yang bisa dilakukan oleh peserta yang memperkuat Kafilah Kota Pontianak.

Menurutnya, memang ada cabang yang diperlombakan pada MTQ tersebut tidak diikuti oleh Kota Pontianak. Oleh sebab itu, hal ini akan menjadi bahan evaluasi pihaknya agar prestasi yang diperoleh lebih baik lagi dari tahun ini.

“Ke depan kita akan berupaya semaksimal mungkin dengan mengikutsertakan peserta kita untuk setiap cabang yang diperlombakan pada MTQ XXX yang akan digelar di Kabupaten Ketapang mendatang,” ujarnya usai menghadiri seremoni malam penutupan MTQ XXIX Tingkat Provinsi Kalbar di Stadion Baning Kabupaten Sintang, Jumat (17/12/2021).

Absennya peserta dari Kota Pontianak pada beberapa cabang dinilainya menjadi bahan evaluasi pihaknya bersama Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ) Kota Pontianak. Meskipun Kota Pontianak mendominasi juara pertama dan kedua di sejumlah cabang, namun juara umum pada MTQ tahun ini belum bisa diraih karena ketidakikutsertaan di cabang lainnya.

Baca Juga :  Mahmudah Siap Emban Tugas Wali Kota

“Semoga pada MTQ Tingkat Provinsi Kalbar mendatang kita bisa mengikutsertakan peserta kita pada setiap cabang yang dilombakan,” ungkapnya.

Selanjutnya, para peserta yang meraih juara pertama dari Kota Pontianak, akan mengikuti pemusatan latihan atau training center (TC) yang dilakukan oleh Provinsi Kalbar. Diakuinya, memang mereka yang akan mewakili Provinsi Kalbar pada MTQ Tingkat Nasional, namun selain itu pula mereka juga membawa nama Kota Pontianak.

“Tentunya kita juga harus memberikan dukungan kepada para peserta kita sehingga bisa meraih di tingkat nasional nantinya,” harap Bahasan.

Adapun hasil perolehan juara yang diraih Kafilah Kota Pontianak, untuk Cabang Tilawah Al Quran, diraih Farid Kurniawan sebagai Qori Terbaik Kedua pada Golongan Tartil Putera, Afifah Mukmilah menjadi Qoriah Terbaik Pertama pada Cabang Tartil Puteri, Golongan Anak-anak Putera, Akmal Fadila berhasil meraih predikat Qori Terbaik Pertama, Golongan Anak-anak Puteri, Raya Salsabila meraih Qoriah Terbaik Pertama. Sementara Golongan Remaja Putera, Muhammad Da’i Maftuh berhasil menduduki Qori Terbaik Kedua.

Pada Golongan Tuna Netra Putera,  Qori Terbaik Kedua diraih H Muhammad Hasbi dan Golongan Tuna Netra Puteri Siti Parhatin Nufus berhasil meraih predikat Qoriah Terbaik Pertama. Kemudian di Golongan Murattal Usia Emas Pria, Saparudin berhasil menjadi Qori Terbaik Pertama dan Salbiah A Rani meraih Qoriah Terbaik Kedua pada Golongan Murattal Usia Emas Wanita.

Baca Juga :  Desa Sungai Ringin Bentuk Tim Pengawas Dana Desa

Di Cabang Qira’at Al Quran, Golongan Qira’at Mujawwad Dewasa Putera dan Dewasa Puteri, peringkat pertama berhasil diborong peserta dari Kota Pontianak, yakni Syaiful Fahmi dan Sa’adah Usman. Sedangkan Golongan Qira’at Murattal Remaja Putera, Khairul Usman meraih Qori Terbaik Kedua. Golongan Qira’at Murattal Dewasa Puteri, Kota Pontianak berhasil menduduki peringkat kedua yang diraih Rizki Layinna Tushifa.

Selanjutnya, Cabang Hifzh Al Quran, Golongan 1 Juz Ma’attilawah Putera dan Puteri, Kota Pontianak kembali memborong juara pertama lewat Dikta Fitratu Takbir sebagai Hafizh Terbaik Pertama dan Malika Khaira Khalqillah sebagai Hafizah Terbaik Pertama. Pada Golongan 5 Juz Ma’attilawah Putera, Abang Nabil Putra menjadi Hafizh Terbaik Kedua. Kemudian Lutfi Azis meraih predikat Hafizh Terbaik Ketiga pada Golongan 10 Juz. Untuk Golongan 20 Juz, Hafizh Terbaik Kedua direbut Muhammad Sirojuddin.

Cabang Fahm Al Quran, Regu Fahm Al Quran Putera, Kota Pontianak menduduki peringkat Terbaik Kedua. Selanjutnya, Cabang Syarh Al Quran, Pontianak kembali meraih peringkat kedua untuk Regu Syarh Al Quran Putera. Sedangkan Regu Puteri, Juara Pertama berhasil diraih Kota Pontianak.

Di Golongan Hiasan Mushaf Puteri, Yustina Sumarni mengantarkan Kota Pontianak meraih Khathathah Terbaik Ketiga. (J)

Comment