Gabungan Pengusaha Sawit Kalbar Komitmen Bantu Korban Banjir

Gabungan Pengusaha Sawit Kalbar Komitmen Bantu Korban Banjir

KalbarOnline, Pontianak – Ketua Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia (Gapki) Kalimantan Barat Purwati Munawir menanggapi sikap Gubernur Kalbar Sutarmidji terkait pertemuan antara kedua belah pihak beberapa hari lalu.

Purwati menegaskan, Gapki dan perusahaan perkebunan di Kalbar berkomitmen membantu korban banjir di sejumlah kabupaten di provinsi Kalbar.

“Gubernur Kalbar memang orangnya spontan, mungkin saat itu, karena permintaannya lamban direspon atau dipenuhi seolah-olah perusahaan tidak peduli. Padahal situasi kondisi perusahaan beda-beda,” katanya melalui keterangan tertulisnya, Kamis, 11 November 2021.

Baca Juga :  Pelebaran Jalan Sungai Jawi Tunggu Pembebasan Lahan
Gabungan Pengusaha Sawit Kalbar Komitmen Bantu Korban Banjir
Gapki menyalurkan bantuan untuk korban banjir Kalbar (Foto: *)

Baca Juga: Tak Peka Banjir, Sutarmidji Sebut Perusahaan Sawit Kurang Ajar

Purwati kembali menegaskan, perusahaan perkebunan di Kalbar prinsipnya sangat mendukung Pemprov Kalbar dan telah bekerjasama dengan baik selama ini. Bahkan kata Purwati, penyaluran bantuan untuk warga terdampak banjir oleh Gapki sudah dan sedang berjalan.

“Untuk tahap satu sebanyak 10 ribu paket bantuan sembako. Melibatkan 25 perusahaan. Tahap kedua akan direncanakan kemudian sekitar 10 ribu paket,” katanya.

Baca Juga: Ketua DPD RI Sebut Sikap Gubernur Sutarmidji ke Perusahaan Sawit Wajar

Purwati juga menegaskan bahwa seluruh perusahaan perkebunan di bawah naungan Gapki telah memiliki perizinan mulai dari izin lokasi, Amdal dan IUP. Dirinya juga meminta semua pihak tak menjadikan perusahaan perkebunan kelapa sawit sebagai satu-satunya pihak tertuduh dalam bencana banjir yang terjadi.

Baca Juga :  LAPAN Integrasikan Informasi Cuaca ke Aplikasi Gencil

“Banjir bisa terjadi di mana saja. Jadi tidak bijaksana menuduh sawit seabgai satu-satunya penyebab banjir,” katanya.

Comment