Pria yang Mengamuk Minta FRKP Bersuara Soal Dugaan Skandal Seks Oknum Pastor Dihukum Adat

“Jangan terulang kembali karena biasanya kalau sudah diadakan hukum adat ini tidak boleh dilanggar lagi,” katanya.

Sementara itu, Pengurus Dewan Adat Dayak (DAD) Provinsi Kalbar Christianus Samanyuk menambahkan, ritual adat Dayak Kanayatn Buah Tangah dan Saru Sumangat dilakukan karena terjadi pelanggaran Manja Hana atau kriminal ketertiban dalam masyarakat sehingga menimbulkan ketidaktentraman.

“Itu sudah dimusnadkan dan kita sudah punya kitab undang-undang adat,” katanya.

Christianus bilang, perbuatan yang dapat diadat Buah Tangah dan Saru Sumangat kategorinya seperti mengobrak-abrik barang-barang atau peralatan orang lain atau kepunyaan umum. Baik yang perkantoran, lembaga, pemerintah atau swasta baik berupa hewan ternak sawah, ladang yang dilakukan dengan secara emosi.

Baca Juga :  Popularitas Sama Tinggi, Elektabilitas Sutarmidji Ungguli Tokoh Ini

Timbang adat dari zaman leluhur, nenek moyang meliputi 3 tail petarung, jalu atau babi 5, kemudian hukuman pasirah tuha atau siang menyanyi.

“Dalam aturannya, barang yang dirusak diganti atau dibayar oleh waris atau pihak keluarga ini yang menuntut pengurus,” katanya.

Lanjutnya mengatakan, penyelesaian adat juga dicatat dalam berita acara bermaterai yang ditandatangani oleh pengurus adat kemudian pihak pertama dan pihak kedua. Ikut bertanda tangan, tiga orang sebagai bukti otentik secara hukum adat dan hukum negara.

“Berita acara bermaterai sebagai pengabar pada pihak waris dan keluarga yang belum hadir, bahwa ini bukti sudah menyelenggarakan dan menyelesaikan secara damai melalui hukum adat,” tegasnya.

Baca Juga :  Rayakan Ulang Tahun ke-61, Sutarmidji Luncurkan Buku “Tunaikan Janji-Persembahkan Prestasi”

Christianus berharap, perbuatan Markus yang menyebabkan ketakutan di masyarakat tidak terjadi kembali.

“Semoga tak terulang kembali,” harapnya.

Sebagaimana diketahui, aksi Markus mengamuk di FRKP terekam CCTV. Ia mengamuk meminta Bruder Steph tak diam terkait dugaan skandal seks yang dilakukan Pastor JR terhadap istri jemaatnya hingga hamil.

Rekaman CCTV itu pun beredar dan viral di media sosial. Setelah viral rekaman CCTV itu, publik malah fokus pada dugaan skandal seks tersebut. Bukan pada aksi Markus yang mengamuk.

Comment