by

Pemprov Kalbar Siapkan Badiklat Keuangan di Kubu Raya Jadi Tempat Isoter: Antisipasi Lonjakan Covid

Pemprov Kalbar Siapkan Badiklat Keuangan di Kubu Raya Jadi Tempat Isoter: Antisipasi Lonjakan Covid

KalbarOnline, Kubu RayaGubernur Kalimantan Barat Sutarmidji meninjau Balai Diklat Keuangan di Kabupaten Kubu Raya yang disiapkan menjadi tempat isolasi terpadu (isoter) pasien Covid-19.

Di kesempatan itu, Gubernur yang didampingi Bupati Kubu Raya Muda Mahendrawan, Kepala Kanwil DJKN Kalbar Edih Mulyadi, disambut langsung Kepala Balai Diklat Keuangan Marianto beserta jajaran, Senin, 9 Agustus 2021.

Sesuai arahan Presiden Republik Indonesia dalam rapat koordinasi terbatas, Gubernur meminta seluruh pemerintah kabupaten/kota di Kalimantan Barat untuk mempersiapkan tempat isolasi terpadu (isoter).

“Kabupaten Kubu Raya sudah menyiapkan tempat isolasi terpadu yang terletak di depan Puskesmas Rasau Jaya. Selain itu, Pemprov Kalbar juga sudah menyiapkan tempat isolasi terpadu yang mampu menampung 1.000 orang,” ujar Sutarmidji, usai peninjauannya.

Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat sendiri, kata dia, akan segera menyiapkan obat-obatan dan oksigen di tempat isoter tersebut dan Pemkab Kubu Raya akan menyiapkan tenaga kesehatan.

“Tempat isoter ini menjadi alternatif terakhir pemerintah untuk mengantisipasi jika Gedung LPMP di Pontianak Timur dan Gedung UPELKES Kalbar di Siantan Hulu penuh,” kata Midji.

Sementara Bupati Kubu Raya menjelaskan bahwa desa-desa di Kabupaten Kubu Raya sudah memiliki rumah isolasi.

“Tempat isoter yang dikunjungi saat ini disiapkan hanya sebagai bentuk antisipasi. Kita berharap tidak terjadi lonjakan kasus Covid-19 di Kubu Raya,” jelas Muda.

Kendati demikian, kata Muda, kesadaran masyarakat Kabupaten Kubu Raya untuk melaksanakan isolasi mandiri di rumah dengan menerapkan protokol kesehatan semakin meningkat.

Comment

Terbaru