by

Cara Menggunakan Google Meet di PC dan Smartphone

Cara Menggunakan Google Meet di PC dan Smartphone

KalbarOnline.com – Di masa pandemi ini, kita diharuskan membatasi interaksi secara tatap muka. Agar aktivitas tetap berjalan, kita pun diharuskan terbiasa dengan kebiasaan baru. Bertatap muka secara virtual. Saat ini terdapat banyak sekali aplikasi yang dapat menjadi pilihan untuk rapat virtual, video conference atau sekadar video call dengan kerabat. Google Meet bisa dikatakan sebagai salah satu aplikasi terpopuler untuk kategori ini. Lalu bagaimana cara menggunakan Google Meet? Yuk, kita simak caranya.

Apa itu Google Meet

Google Meet adalah aplikasi video conference gratis yang dapat digunakan melalui browser dan aplikasi smartphone. Aplikasi yang sebelumnya bernama Hangouts ini menawarkan fitur gratis yang lebih baik dan menarik dibanding aplikasi lainnya dengan batas waktu meeting dengan maksimum 100 peserta selama 60 menit.

Google Meet sendiri menawarkan beberapa paket dan harga untuk kamu yang membutuhkan kapasitas dan durasi meeting yang lebih lama. Berikut ringkasan harga dan paket dari Google Meet:

  • Gratis: Semua pengguna Google dapat menggunakan layanan Google Meet secara gratis dengan batas waktu meeting 60 menit dengan hingga 100 peserta.
  • Google Workplace Essentials ($8 per pengguna per bulan): Menambahkan durasi meeting hingga 300 jam dengan batas 150 peserta. Paket ini menyediakan fitur simpan rekaman meeting otomatis ke Google Drive yang sudah di-upgrade ke 100GB dengan dukungan layanan pelanggan 24 jam.
  • Google Workplace Enterprise (harga khusus per perusahaan): Menambahkan durasi meeting hingga 300 jam dengan batas 250 peserta. Selain menambahkan kapasitas Google Drive menjadi unlimited, paket ini juga mendukung live streaming ke 100.000 penonton dan berbagai fitur keamanan data lainnya lengkap dengan dukungan layanan pelanggan 24 jam.

Penggantian nama dilakukan oleh Google secara terselubung pada bulan Maret 2017. Pada awalnya, Google Meet ditargetkan sebagai Hangout versi bisnis, dan lebih cocok untuk penggunaan dalam sebuah perusahaan. Tapi sekarang Google Meet dapat diakses oleh semua pengguna Google, dan jumlah pengguna tiap harinya terus meningkat terlebih lagi di masa pandemi ini.

Comment

Terbaru