Wabup dan Ketua DPRD Ketapang Ikuti HUT Otda XXV Secara Virtual

Wabup dan Ketua DPRD Ketapang Ikuti HUT Otda XXV Secara Virtual

KalbarOnline, Ketapang – Wakil Bupati Ketapang, Farhan didampingi Ketua DPRD Ketapang, Febriadi, Sekda Ketapang dan para Kepala OPD di lingkungan Setda Ketapang serta Forkopimda Kabupaten Ketapang mengikuti peringatan HUT Otonomi Daerah (Otda) XXV secara virtual di ruang rapat lantai 3 Kantor Bupati Ketapang, Senin (26/4/2021).

HUT Otda XXV itu dibuka langsung oleh Wakil Presiden Republik Indonesia, KH. Ma’ruf Amin dan dilanjutkan dengan arahan Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia, Tito Karnavian.

Hari Otonomi Daerah pada tahun ini mengusung tema ‘Bangun Semangat Kerja dan Tingkatkan Gotong Royong di masa Pandemi COVID-19, untuk Masyarakat Sehat, Ekonomi Daerah Bangkit dan Indonesia Maju’.

Dalam sambutannya, Wapres Ma’ruf berujar bahwa Peringatan Hari Otonomi Daerah merupakan momentum yang tepat untuk melihat kembali dinamika serta tantangan yang dihadapi Pemerintah Daerah

Baca Juga :  Sekda Alexander Harap Sinergitas dan Harmonisasi Selalu Terjaga di Ketapang

“Penyelenggaraan Otonomi Daerah merupakan bentuk pengakuan Pemeritah Pusat terhadap kemandirian daerah guna meningkatkan layanan terhadap masyarakat, meningkatkan daya saing daerah melalui pemberdayaan masyarakat dan pemerintah daerah dalam rangka mencapai tujuan peningkatan kesejahteraan masyarakat,” ujarnya.

Wapres turut menyampaikan bahwa pelaksanaan otonomi daerah yang berkualitas membutuhkan kepemimpinan adaptif, pemimpin yang mampu menghadapi berbagai situasi, cepat dan tepat  dalam bertindak dan berorientasi pada pemecahan masalah dengan selalu menyesuaikan dirinya dengan perubahan serta keadaan.

Dalam penyelenggaraan Pemerintah Daerah perlu melakukan efektivitas termasuk dalam masa pandemi Covid-19, diperlukan merubah paradigma pemerintahan dan pembangunan yang masih berorientasi pada business as ussual atau rutinitas menjadi teknologi informasi dan kearifan local sesuai dengan karakteristik daerah masing-masing.

“Pentingnya sinergi dan koordinasi pemerintahan secara kolaboratif baik antar daerah, antar pusat  dan daerah antar pemerintah dengan swasta secara gotong royong yang akan menjadi salah satu kekuatan daya tahan ekonomi dan sosial masyarakat,” ujarnya.

Baca Juga :  Deteksi Dini, Kamar Napi Lapas Kelas IIB Ketapang Diperiksa

Wapres Juga menyampaikan apresiasi kepada Kementrian Dalam Negeri dan seluruh Kepala Daerah atas kontribusinya dalam pelaksanaan kegiatan Hari Otonomi Daerah ini.

Selanjutnya Wapres Ma’ruf Amin mengharapkan kepada seluruh jajaran Pemerintah Daerah sebagai ujung tombak pemerintahan agar selalu menjadi contoh baik dalam berinovasi untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik maupun dalam menegakkan protokol kesehatan serta menyukseskan program vaksinasi di seluruh Indonesia.

Wapres juga mengatakan bahwa secara filosofis kebijakan pemerintah daerah dimaknai sebagai mekanisme penyelenggaraan pemerintahan dengan memindahkan lokus pemerintahan disertai dengan kewenangan khusus dan mengatur urusan urusan tertentu secara mandiri.

Peringatan Hari Otonomi Daerah ke 25 juga dihadiri Menteri Dalam Negeri, Tito Karnavian beserta jajaran pejabat Kementrian Dalam Negeri yang sekaligus menjadi penyelenggara kegiatan tersebut.

Comment