Korban Gletser Himalaya, 35 Mayat Ditemukan, 171 Orang Masih Belum Ditemukan

KalbarOnline.com – Lebih dari 35 pekerja terjebak di terowongan Himalaya setelah banjir bandang menghancurkan bendungan dan jembatan di negara bagian Uttarakhand usai Gletser Himalaya sebelumnya pecah. Untuk menyelamatkan mereka, tim penyelamat bahkan harus mengebor terowongan tersebut.

Hingga saat ini, sekitar 171 orang masih belum ditemukan sejak bencana pada Minggu di negara bagian Uttarakhand. Kebanyakan dari mereka adalah pekerja di proyek pembangkit listrik tenaga air Tapovan Vishnugad dan di bendungan Rishiganga yang lebih kecil, yang tersapu oleh semburan.

“Sejauh ini, 33 mayat telah ditemukan,” ungkap Kepala Polisi negara bagian itu pada Kamis, (11/2/2021).

Sementara puluhan korban lainnya, diperkirakan hanyut saat batu dan puing-puing melonjak di Sungai Dhauliganga. Saat ini, upaya penyelamatan difokuskan untuk menyelamatkan sekitar 35 pekerja yang terjebak di terowongan sepanjang 2,5 kilometer (1,5 mil) yang terhubung dengan proyek Tapovan.

Baca Juga :  Halangi Penyidikan Kasus Eks Skretaris MA Nurhadi, KPK Tahan Ferdy Yuman

Namun tim penyelamat juga mengalami kendala dalam hal ini. Dimana mereka juga harus berjuang dari lumpur dan air yang begitu deras sehingga tentara hanya membuat kemajuan terhenti dalam empat hari.

Setelah membersihkan lebih dari 100 meter (328 kaki) lumpur, bebatuan dan puing-puing, pekerja bantuan pada Kamis mengirim tanker air dan generator jauh ke dalam terowongan untuk membantu pengeboran.

“Tim tersebut mencoba mencari tanda-tanda kehidupan di terowongan dan ruangan yang lebih kecil yang bercabang dari lorong utama,” kata para pejabat.

“[Terowongan yang lebih kecil] ini terhubung ke terowongan utama pada titik di luar lumpur dan puing-puing,” kata penyelamat Vivek Pandy kepada Times of India setiap hari.

“Kami berharap para pekerja yang terjebak berada di terowongan tambahan yang dapat diakses,” sambungnya.

Baca Juga :  Legislator PKS Kecam Presiden Prancis Menghina Islam dan Nabi Muhammad

Tim penyelamat berdiri di luar pintu masuk terowongan di distrik Chamoli [Sajjad Hussain / AFP]

Sementara itu, kerabat para korban terus berdatangan ke lokasi, namun lima hari setelah bencana, ada rasa frustasi karena tidak adanya kemajuan. “Mereka tidak memberi tahu kami apa-apa,” kata Praveen Saini, yang keponakannya, Ajay Kumar Saini, terperangkap di terowongan.

Yang lain berpegang pada harapan bahwa saudaranya selamat setelah dia dapat menelepon ponselnya. “Jika ponselnya bunyi, mungkin dia selamat,” kata Jugal Kishore.

Tetapi yang lain tidak begitu berharap, dengan keputusasaan mereka berubah menjadi kemarahan. “Seluruh operasi penyelamatan ini hanya lelucon,” kata Sanjay Pant, saudara dari Insinyur listrik berusia 24 tahun, Abhishek.

“Kita tidak hidup di abad ke-18 di mana hanya satu buldoser yang dapat digunakan untuk membersihkan berton-ton lumpur,” katanya kepada kantor berita AFP. [ind]

Comment