Tembus 1 Juta Kasus, Lindungi Diri dengan Rumus Aman dari Covid-19

KalbarOnline.com – Dengan jumlah kasus Covid-19 yang terus tinggi di tanah air, harusnya menjadi alarm bagi masyarakat untuk selalu mematuhi protokol kesehatan. Sebab angka kasus yang bertambah berbanding lurus dengan ketersediaan tempat tidur rumah sakit yang semakin kritis.

Wakil Ketua Umum Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (IDI) dr. Mohammad Adib Khumaidi memiliki rumus agar masyarakat tetap aman dari Covid-19. Tentunya selain disiplin dengan protokol kesehatan, ada perilaku lainnya yang harus dipatuhi.

“Saya sebut dengan 5M, memakai masker, mencuci tangan pakai sabun, menjaga jarak, menghindari kerumunan, dan membatasi aktivitas di luar rumah,” tegas dr. Adib kepada KalbarOnline.com, Selasa (26/1).

Baca Juga :  Kasus Covid-19 Tambah 4.360, Jatim Catat Kematian Harian Terbanyak

Baca Juga: Tito Ungkap Vaksin Bukan Obat, Tetapi Upaya Terakhir Tanggulangi Covid

Lalu rumus lainnya, kata dia, dengan mematuhi VDJ yakni mengatur tata kelola ruang. Caranya dengan memastikan Ventilasi, Durasi, dan Jarak. Ketiga inilah yang menjadi indikator penularan Covid-19.

“Rumus yang selalu saya sampaikan, 5M lalu VDJ,” tegasnya.

Setelah itu, masyarakat harus mendukung 3T yaitu testing, tracing, dan treatment. Maka dia menegaskan dengan rumus ini, mendorong masyarakat untuk memastikan dirinya sehat dan tidak terpapar Covid-19. Lalu memiliki tanggung jawab bagi dirinya dan orang lain.

Baca Juga :  ICW: Burhanuddin Gagal Mengemban Tugas Sebagai Jaksa Agung

“Program 3T harus didukung, dan barulah setelah itu vaksinasi,” ungkapnya.

“Rumus ini lalu ditambah dengan komitmen masyarakat harus sehat untuk dirinya. Jadi dalam situasi pandemi memang yang pertama kita harus pikir individu untuk sehat, lalu bersama untuk sehat. Sebab problem di masyarakat saat ini tentunya berbeda dibanding masalah yang terjadi tahun lalu saat Mei-Juni tahun lalu,” paparnya.

Saksikan video menarik berikut ini:

Comment