Koneksi Internet Paket Data Lemot? Ini 7 Cara Sederhana Mengatasinya

KalbarOnline.com – Sudah bayar paket data internet dengan pulsa mahal-mahal, tapi layanan yang diberikan tidak sesuai harapan? Katanya kecepatan internet bisa sampai belasan Mbps. Tapi cuma dipakai browsing media sosial saja kok lemot hingga tidak ada gambar atau video yang muncul.

Pernahkah Anda merasakan masalah tersebut saat sedang asyik bersantai dan menjelajah dunia maya di smartphone? Hal tersebut tentu akan membuat siapa saja merasa jengkel dan frustasi, hingga secara otomatis langsung menyalahkan layanan operator selulernya. Padahal, akar masalah lemotnya koneksi internet dari paket data belum tentu berasal dari buruknya kualitas jaringan dari operator selulernya.

Nyatanya, masalah koneksi internet yang lemot pada paket data bisa disebabkan oleh berbagai macam hal. Tidak melulu kesalahan dari operator selulernya, lambatnya koneksi internet paket data bisa disebabkan karena gangguan pada perangkat atau faktor eksternal lainnya.

Sebagai contoh, bisa jadi smartphone Anda tengah bermasalah dan mengalami jaringan macet. Meski mengajukan komplain ke customer service operator seluler berulang kali, masalah lemotnya koneksi internet tidak akan teratasi. Nah, sebelum malu duluan karena salah komplain, coba atasi dulu masalah koneksi internet paket data yang lemot pakai 7 cara ini.

1. Coba Restart Smartphone
Solusi pertama untuk mengatasi masalah koneksi internet lemot pada paket data sangatlah sederhana, yaitu dengan merestart smartphone. Percaya atau tidak, smartphone yang jarang dimatikan atau direstart dalam jangka waktu yang lama dapat memicu berbagai gangguan dan error, termasuk melambatnya koneksi internet. Jadi, sebagai jalan keluar pertama, tidak ada salahnya untuk mencoba cara simpel ini untuk mengatasi lemotnya koneksi internet pada paket data.

2. Cek Koneksi Internet di Lokasi Lain
Berada di lokasi yang tidak tepat juga bisa menjadi penyebab mengapa jaringan internet paket data tidak seperti biasanya. Selain mungkin karena kondisi lingkungan yang tidak mendukung, seperti sinyal seluler terhalang tembok atau plafon tebal, layanan beberapa operator seluler juga bisa jadi belum menjangkau lokasi Anda. Untuk mengatasinya, coba untuk berpindah ke lokasi yang lebih terbuka atau mencari tahu jangkauan layanan operator seluler di lokasi Anda berada.

Baca Juga :  Xiaomi Klaim Poco X3 NFC Laris 15 Ribu Unit Dalam 4 Menit

Misalnya Anda menggunakan paket internet XL atau Telkomsel. Di wilayah berbeda mungkin koneksi yang satu bisa lebih bagus dibandingkan dengan yang satunya. Jadi pastikan cek dulu kondisinya di tempat lain ya.

3. Periksa Aplikasi yang Banyak Menyedot Koneksi Internet
Tak jarang masalah koneksi internet yang lambat disebabkan karena konsumsi kuota besar-besaran oleh aplikasi lain. Misalnya, Anda akan kesulitan mengakses aplikasi media sosial saat sedang mengunduh file atau mengupdate aplikasi dengan ukuran yang besar. Oleh karena itu, cek adakah aplikasi yang banyak menyedot koneksi internet di smartphone dan bila perlu matikan fitur update aplikasi otomatis agar pengalaman bermain internet Anda tidak terganggu.

4. Matikan Fitur VPN
Tak sedikit pengguna smartphone yang memanfaatkan fitur VPN ketika menjelajah dunia maya. Baik melalui aplikasi ataupun fitur yang disediakan oleh aplikasi browser, pemakaian VPN ini ternyata dapat memperlambat koneksi internet secara signifikan, loh!

Penyebabnya tidak lain karena sistem kerja dari VPN itu sendiri yang mengantarkan data terlebih dahulu ke lokasi lain ketimbang langsung menuju situs yang sedang Anda akses. Jadi, jika memang sedang menggunakan VPN, coba matikan terlebih dahulu agar koneksi internet yang Anda terima lebih maksimal.

5. Kemungkinan Masalah pada Server Aplikasi atau Situs
Anda pasti pernah melihat tagar Youtube Down atau Facebook Down di media sosial. Ya, meski jarang terjadi, bukan tidak mungkin situs atau aplikasi yang ingin Anda kunjungi sedang mengalami gangguan sehingga lebih sulit untuk bisa diakses.

Baca Juga :  Datsun CROSS Hadirkan Beragam Inspirasi di IIMS 2018

Saat hal ini terjadi, penyebabnya tentu saja bukan dari masalah koneksi internet dari paket data Anda. Melainkan karena memang sedang terjadi gangguan pada server aplikasi atau situs yang bersangkutan. Jadi, hingga gangguan server tersebut berhasil diatasi, sebagus apapun jaringan internetnya, Anda tetap tidak akan bisa mengakses aplikasi atau situs tersebut.

6. Reset Network Settings
Selayaknya dengan restart smartphone, masalah buruknya koneksi internet paket data juga bisa diatasi dengan cara mereset network settings. Mudah saja, Anda cukup menuju ke menu Pengaturan, lalu Pengaturan Umum, Reset, dan Reset Network Settings, tergantung dari sistem yang terpasang pada smartphone. Dengan cara ini, kemungkinan masalah jaringan internet yang macet akan teratasi dan tidak lagi menyebabkan koneksi internet lemot.

7. Copot dan Pasang Kembali Kartu SIM
Terakhir, tips untuk mengatasi gangguan koneksi internet paket data adalah dengan mencopot dan memasang kembali kartu SIM pada smartphone. Tentunya, sebelum melakukan cara ini, pastikan smartphone berada dalam keadaan mati agar tidak menyebabkan masalah atau error lainnya pada layanan seluler.

Masalah Koneksi Internet Lemot Tidak Selalu Salah Operator Seluler
Dari berbagai tips yang telah disebutkan di atas, masalah koneksi internet yang lemot ternyata bisa terjadi karena berbagai hal selain kesalahan dari operator selulernya. Oleh karena itu, sebelum buru-buru mengajukan komplain, coba lakukan dulu cara di atas untuk mengatasi lambatnya koneksi internet paket data. Bila tidak ada yang berhasil, baru hubungi customer service operator seluler agar masalah tersebut bisa diatasi dengan segera.

Comment