Innalillahi, Mantan Menteri Koperasi Era Orde Baru, Subiakto Tjakrawerdaya Meninggal Dunia

KalbarOnline.com – Menteri Koperasi Indonesia pada masa pemerintahan Presiden Soeharto yaitu Subiakto Tjakrawerdaja meninggal dunia. Almarhum meninggal di Rumah Sakit Pusat Pertamina (RSPP) Simprug, Jakarta Selatan, Sabtu (2/1) malam.

“Duka mendalam saya atas meninggalnya Guru kita Bapak Dr. (HC) Subiakto Tjakrawerdaya (1944-2021) pada Sabtu 02 Jan 2021 pukul 22.50 WIB di RSPP Jakarta. Almarhum adalah salah satu pendiri Universitas Trilogi, Jakarta,” tulis Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria di akun Instagramnya Minggu (3/1/2020).

Kabar tesebut juga dibenarkan Ketua DPP Golkar Ace Hasan Syadzily.

“Ya benar. Pak Subianto Tjakrawerdaya, mantan Menteri Koperasi era Orde Baru dan politikus senior Partai Golkar telah wafat. Beliau meninggal di RSPP tadi malam pukul 22.50 WIB,” kata Ace.

Baca Juga :  Gubernur WH: Empat Orang Warga Banten Positif Virus Vorona

Golkar pun kehilangan salah satu kader senior yang selama ini aktif memberikan masukan.

“Kami merasa kehilangan beliau. Beliau aktif sekali memberikan masukan ke Partai Golkar,” kata dia.

Ace mengatakan tidak tahu pasti penyebab meninggalnya Subiakto. “Kalau soal disebabkan penyakit bawaan atau Covid-19. Yang berwenang menjawab hanya keluarganya,” kata dia.

Rencananya Subiakto akan dimakamkan di San Diego Hills, Karawang, Jawa Barat. “Saya mendapatkan informasi, almarhum akan dimakamkan di pemakaman San Diego Hills,” kata dia.

Baca Juga :  RS Darurat Hanya untuk Pasien Positif Corona yang Sakit Ringan

Subiakto Tjakrawerdaya lahir di Cilacap, Jawa Tengah, 30 Juli 1944. Alumnus Universitas Indonesia ini menjabat Menteri Koperasi Indonesia pada tahun 1993 hingga tahun 1998, dalam Kabinet Pembangunan VI dan Kabinet Pembangunan VII pada masa pemerintahan Presiden Soeharto.

Subiakto juga pernah menjabat Ketua Yayasan Dana Sejahtera Mandiri (Damandiri) yang aktif dalam upaya pengentasan kemiskinan, Ketua Yayasan Pengembangan Pendidikan Indonesia Jakarta (YPPIJ) yang menaungi Universitas Trilogi, Jakarta, dan Rektor Universitas Trilogi. [rif]

Comment