Tjahjo Kumolo: Kinerja ASN pada 2021 Kedepankan Akses Digital

KalbarOnline.com – Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Tjahjo Kumolo mengajak para ASN untuk tetap semangat dan fokus dalam peningkatan kinerja pada 2021. Dia tak memungkiri, malam pergantian tahun 2021 kali ini sangat berbeda dari tahun-tahun sebelumnya karena masih dalam situasi pandemi Covid-19.

’’Tahun baru dengan semangat baru dalam pencapaian kinerja, meskipun di tengah pandemi Covid-19,’’ kata Tjahjo dalam keterangannya, Jumat (1/1).

Tjahjo menyampaikan, sesuai visi Presiden RI dalam pembangunan SDM dan penyederhanaan birokrasi, kecepatan melayani dan pemberian izin bagi pelaku usaha adalah hal yang utama. Hal ini tentunya akan mendorong peningkatan ekonomi Indonesia yang menurun ditengah pandemi Covid ini.

Kementerian PANRB, sambung Tjahjo, terus berusaha mewujudkan birokrasi yang dinamis dan berkelas dunia. Karena itu, Tjahjo meminta seluruh pegawai pemerintah di pusat dan daerah agar menghilangkan pola pikir linier, monoton, dan keluar dari zona nyaman dengan membuat terobosan-terobosan baru yang inovatif.

Baca Juga :  Gapmmi Usul Pengaturan Minol, Bukan Pelarangan

Politikus PDI Perjuangan ini tak memungkiri, 2021 akan penuh tantangan. Sehingga ASN/pegawai pemerintah harus adaptif menyikapi perubahan, termasuk penggunaan teknologi informasi dan komunikasi menuju transformasi digital pemerintahan.

Tjahjo menyebut, sistem pelayanan pemerintah secara digital dan virtual, akan banyak mendominasi sistem kerja ASN dalam pelayanan publik, guna mengurangi pertemuan tatap muka untuk mengurangi risiko penularan Covid-19. ’’Sistem pemerintahan berbasis elektronik dapat meningkatkan produktivitas ASN,” ungkap Tjahjo.

Reformasi birokrasi diharapkan menghasilkan pelayanan prima. Sehingga pada tahun 2021 mendatang, layanan prima harus jadi target utama setiap unit penyelenggara pelayanan. Tentunya melalui langkah kolaboratif, inovatif dan sinergi antara instansi dalam mewujudkan visi Presiden.

Pelayanan optimal di masa pandemi Covid-19 tidak terlepas dari penerapan protokol kesehatan yang ketat dengan memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan, baik bagi masyarakat maupun pemberi layanan.

Baca Juga :  Hasil Usap Spesimen, 2 dari 10 Orang di Indonesia Positif Covid-19

Karena itu, Tjahjo mengingatkan para ASN untuk tetap menjadi pelopor dan teladan disiplin dalam penerapan protokol kesehatan. Tjahjo juga mengajak masyarakat untuk selalu optimis dan menjadikan momentum tahun baru 2021 untuk bersama bangkit mengatasi Covid-19 dan memulihkan ekonomi. Pemberian vaksin Covid-19 pada waktunya tentu akan menjadi harapan baru bagi seluruh ASN dan masyarakat.

’’Saya ucapkan Selamat Tahun Baru 2021 bagi ASN dimana pun bertugas dan keluarga serta masyarakat. Mari wujudkan semangat baru ASN dalam pelayanan publik dan kinerja pemerintah yang semakin kreatif, optimis dan produktif. Semoga seluruh ASN tetap sehat, dan kuat serta menjadi teladan penerapan protokol kesehatan yang benar,’’ tegas Tjahjo. (*)

Saksikan video menarik berikut ini:

Comment