by

Cegah Penularan Covid-19, Masyarakat Diminta Konsisten Terapkan Prokes

KalbarOnline.com – Saat ini Indonesia sedang menghadapi pandemi Covid-19 di tanah air. Angka penularan terus saja meningkat setiap harinya. Sehingga protokol kesehatan haruslah dilakukan.

Wakil Ketua MPR RI, Lestari Moerdijat mengatakan disiplin menjalankan protokol kesehatan di masa pandemi harus menjadi kebiasaan baru dalam bersosialisasi di tengah masyarakat.

Protokol kesehatan tersebut adalah 3M, yakni wajib memakai masker, wajib menjaga jarak dan wajib mencuci tangan dengan sabun di air yang mengalir.

“Tidak peduli sekarang kita tinggal di zona hijau, kuning atau bahkan zona hitam. Kita harus menjalankan protokol kesehatan penanggulangan Covid-19 dengan disiplin. Jadikan cuci tangan, menggunakan masker dan menjaga jarak kebiasaan baru di masa pandemi ini,” ujar Lestari beberapa waktu lalu.

Menurut legislator Partai Nasdem tersebut, Indonesia saat ini membutuhkan keseimbangan antara penanganan kesehatan dan ekonomi di masa pandemi dan disiplin menjalankan protokol kesehatan. Karena dengan tidak disipilin menjalankan protokol kesehatan, maka dampaknya penyebaran Covid-19 akan terus meluas.

“Masih banyak yang tidak disiplin menjalankan protokol kesehatan, akibatnya penyebaran virus Covid-19 pun terus terjadi dan semakin luas lagi,” tuturnya.

Di sisi lain, Lestari berharap sambil terus berupaya memperluas testing, pemerintah dan semua lapisan masyarakat harus menjadikan cuci tangan, menggunakan masker dan menjaga jarak kebiasaan baru dalam bermasyarakat.

Baca juga: Testing dan Protokol Kesehatan Upaya Cegah Penularan Covid-19

Tujuannya untuk membendung penularan Covid-19 yang meluas. Karena bila terjadi ledakan jumlah pasien positif Covid-19 dampaknya pun akan menjalar ke sektor ekonomi masyarakat.

“Hanya dengan merealisasikan disiplin dalam menjalankan protokol kesehatan, kita bisa menjalankan kegiatan ekonomi, sekaligus mengendalikan penyebaran Covid-19,” pungkasnya.

Saksikan video menarik berikut ini:

Baca Juga:  Pasar dan Pedagang UMKM Diimbau Wajib Patuhi Protokol 3M

Comment

Terbaru