Menuju Jabatan Menkes, Kekayaan Budi Gunadi Sadikin Rp 161 Miliar

KalbarOnline.com – Budi Gunadi Sadikin bakal mengemban tugas baru dalam Kabinet Indonesia Maju, sebagai menteri kesehatan. Pria yang terakhir menjabat wakil menteri BUMN itu memiliki kekayaan senilai Rp 161 miliar.

Nilai aset kekayaan mantan Dirut Bank Mandiri itu tercatat di laman elhkpn.kpk.go.id. Terakhir kali dia melaporkan kekayaannya ke LHKPN KPK pada 17 Maret 2020, saat menjabat Wakil Menteri BUMN. Angkanya Rp 161.792.059.459.

Baca juga: Jokowi Reshuffle Kabinet: Risma Jadi Mensos, Sandiaga Uno Menparekraf

Semua itu terdiri atas tanah dan bangunan yang tersebar di Jakarta dan Bekasi. Nilainya Rp 89 miliar. Terdapat juga harta bergerak berupa mobil Mercedes Benz, Mazda, dan Mini Cooper. Ketiganya senilai Rp 1.025.000.000.

Untuk harga tidak bergerak lainnya berjumlah Rp 4.315.000.000; surat berharga senilai Rp 63.245.639.505. Budi Gunadi Sadikin juga memiliki kas dan setara Rp 4.206.419.954.

Sebelumnya, Presiden Jokowi menumumkan enam orang menteri baru. Mereka menduduki dua jabatan menteri yang kosong karena ditinggal pejabat lama setelah terseret kasus korupsi. Sementara empat posisi lainnnya menggantikan menteri sebelumnya.

Baca juga: PBNU Yakin Gus Yaqut Mampu Emban Tugas Menteri Agama

Untuk Budi Gunadi Sadikin dia ditunjuk sebagai Menteri Kesehatan Menkes, menggantikan Terawan Agus Putranto. Dia adalah satu-satunya Menteri Kesehatan yang bukan belatar dokter, melainkan seorang bankir. Sebelum menjabat ditunjuk sebagai Menteri Kesehatan, dia adalah Wakil Menteri BUMN.

Saksikan video menarik berikut ini:

BACA JUGA:  AHY Minta Menkumham Tak Sahkan Pengurus KLB Demokrat

Comment