Kunjungan ke Poltekkes Kemenkes Pontianak, Menkes Tinjau Fasilitas dan Perkuat Transformasi Pelayanan Kesehatan

KalbarOnline, Pontianak – Kunjungan Menkes RI, Kadinkes Kalbar, beserta rombongan kemudian berlanjut ke Poltekkes Kemenkes Pontianak. 

Dalam kunjungan ini, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin melakukan peninjauan terhadap pembangunan fasilitas gedung baru Poltekkes Kemenkes Pontianak dan tambahan gedung asrama yang di bangun. 

Kunjungan kemudian diikuti dengan mengadakan pertemuan bersama Direktur Poltekkes Kemenkes Pontianak, Didik Hariyadi beserta jajarannya, Selasa (09/08/2022).

Terdapat 3 poin penting yang disampaikan Menteri Kesehatan pada saat dialog bersama direktur dan jajaran Poltekkes Kemenkes Pontianak. Pertama, yakni mengharapkan agar Poltekkes Kemenkes Pontianak menyiapkan produksi tenaga kesehatan yang dibutuhkan daerah, baik itu kebutuhan di puskesmas maupun rumah sakit.

Kedua, Menkes Budi mengharapkan jajaran Poltekkes Kemenkes Pontianak, baik itu dosen dan mahasiswa, untuk melakukan penelitian ataupun memonitoring terkait kebijakan Kementerian Kesehatan dalam hal program-program yang dilaksanakan di daerah.

Ketiga, Menkes juga meminta agar Poltekkes Kemenkes Pontianak memiliki kurikulum dalam menyiapkan tenaga kesehatan cadangan sebagai sistem ketahanan nasional dalam menghadapi masalah kesehatan yang akan datang seperti pandemi virus saat ini.

Poltekkes Kemenkes Pontianak sebagai satu-satunya Poltekkes di Kalbar yang merupakan salah satu institusi pencetak sumber daya kesehatan yang unggul khususnya di wilayah Kalimantan Barat. Menteri Kesehatan juga menyampaikan akan apresiasinya terhadap pengembangan Poltekkes Kemenkes Pontianak.

“Saya senang Poltekkes Kemenkes Pontianak punya ambisi pengen punya lulusan yang lebih maju lagi, bisa bekerja kalau bisa sampai ke luar negeri, itu nanti akan kita fasilitasi. Mereka juga semangat dosen-dosennya ingin mahasiswanya lebih pintar lagi, bisa ambil kuliah yang lebih tinggi. Kita akan dukung dan semangat itu yang saya senang dari Poltekkes Kemenkes Pontianak,” ungkapnya dalam sesi wawancara. (Jau)

BACA JUGA:  Menkes Sebut Dirinya Harus Divaksinasi Covid-19 Sebelum Presiden

Comment