by

Agenda Bulu Tangkis Dunia Bergulir Januari 2021, Sisanya Belum Jelas

KalbarOnline.com – Sebulan menjelang tahun berganti, Federasi Bulu Tangkis Dunia (BWF) belum memastikan kalender turnamen 2021. Saat ini, baru tiga turnamen yang pasti digelar. Yakni, Thailand Open I, Thailand Open II, dan World Tour Finals.

Selain tiga agenda itu, BWF belum merilis jadwal lainnya. Rencananya, mereka baru akan menyelesaikannya beberapa pekan ke depan. Mereka masih berupaya dan mencari kejelasan terkait penyelenggara turnamen pada musim 2021.

”BWF ingin mengonfirmasi bahwa keputusan terkait kalender turnamen 2021 belum dibuat secara resmi. Ini menanggapi laporan media yang menguraikan kembalinya turnamen kualifikasi pada Olimpiade Tokyo tahun depan,” ujar BWF dalam keterangan resminya.

  • Baca Juga: Geber Simulasi Lomba karena Lalu M. Zohri Baru Berlaga Maret 2021

Sejak Maret lalu, BWF membekukan ranking Road to Tokyo dan ranking dunia. Periode perhitungan poin rencananya dimulai lagi pada minggu pertama hingga ke-17 tahun 2021.

Kualifikasi Olimpiade Tokyo 2020 hanya dihitung beberapa turnamen. Yaitu, German Open, Swiss Open, India Open, Malaysia Open, Singapore Open, Lingshui China Masters, dan turnamen kontinental.

Tahun ini, semua turnamen tersebut di atas mengalami pembatalan. Kemudian, BWF memutuskan perhitungan poin kembali dilakukan pada turnamen itu untuk 2021. Sementara, perhitungan ranking dunia baru akan dilakukan ketika kelender 2021 resmi dimulai.

Untuk kepastian jadwal resminya, hal tersebut masih diupayakan BWF. Mereka akan membagikan detail kelander 2021 dalam beberapa pekan mendatang.

”Kami masih bekerja sama dengan tuan rumah untuk merancang solusi klaster turnamen tahun depan. Dengan begitu, turnamen bisa kembali dengan konsisten untuk kepentingan atlet dan menyelesaikan periode kualifikasi,” lanjutnya.

Sementara itu, IOC memperpanjang periode kualifikasi Olimpiade Tokyo 2020 hingga 29 Juni 2021. Olimpiade bakal dilaksanakan pada 23 Juli hingga 8 Agustus 2021. BWF telah menentukan batas akhir perhitungan poin adalah saat turnamen kontinental.

Tiga Agenda 2021 yang Punya Kans Digelar
Thailand Open I 12–17 Januari
Thailand Open II 19–24 Januari
World Tour Finals 27–31 Januari

Comment

News Feed