Satgas Minta Masyarakat Waspada Penularan Covid-19 Selama Libur Nataru

KalbarOnline.com – Satgas Penanganan Covid-19 mewanti-wanti masyarakat terhadap penularan Covid-19 pada momen libur panjang. Hal ini menyusul libur panjang Natal 2020 dan Tahun Baru 2021 atau Nataru akan datang dalam waktu dekat.

Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito mengatakan, pasca libur panjang kerap kali terjadi peningkatan kasua Covid-19. Kondisi ini sudah terjadi seperti setelah libur panjang Idul Fitri dan Idul Adha, perayaan HUT RI, dan juga libur panjang akhir Oktober dan awal November 2020.

“Dari data yang kami peroleh, terdapat peningkatan kasus positif paska liburan panjang tersebut,” kata Wiku.

  • Baca Juga: Satgas: Gotong Royong Kunci Menghadapi Pandemi Covid-19

Menurut Wiku, Satgas juga memahami kondisi pelaku usaha di sektor pelaku usaha di sektor pariwisata dalam pandemi Covid-19, terutama mendekati akhir tahun. Namun, perlu diketahui bahwa peningkatan kasus positif Covid-19 yang tidak terkendali juga dapat berdampak buruk pada terhadap kelangsungan usaha berbagai sektor termasuk sektor pariwisata.

Oleh karena itu, pemerintah akan berusaha dapat meminimalisasi peningkatan kasus positif, sehingga peningkatan kasus dapat lebih dikendalikan. “Kebijakan yang akan diambil tentunya sudah mempertimbangkan berbagai dampak termasuk terhadap sektor pariwisata,” imbuh Wiku.

Satgas meminta masyarakat memahami kondisi sekarang. Meskipun masa libur akhir tahun sudah di depan mata. Satgas Penanganan Covid-19 saat ini terus berkoordinasi dengan pemerintah pusat dan kementerian/lembaga terkait keputusan masa libur panjang akhir tahun 2020.

“Masyarakat perlu mengetahui, bahwa apapun keputusan yang akan diambil pemerintah akan selalu mengutamakan keselamatan masyarakat Indonesia di tengah pandemi Covid-19. Karena kita tidak boleh lengah,” pungkas Wiku.

Pemerintah juga mengingatkan kepada masyarakat agar senantiasa menerapkan protokol kesehatan 3M dalam kegiatan sehari-hari. Yakni dengan memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan secara rutin menggunakan sabun dan air mengalir.

BACA JUGA:  Chinatown Singapura Ramai Jelang Imlek, Dikhawatirkan Klaster Covid-19

Saksikan video menarik berikut ini:

Comment