Wah, Selederi Bisa Meningkatkan Kesuburan Pria Lho!

Mengonsumsi seledri atau jus seledri masih menjadi tren kesehatan yang diminati banyak orang. Khasiat kesehatan daun ini menjadi semakin dikenal juga, termasuk manfaat seledri untuk pria.

Dari sekian banyak informasi yang beredar tentang manfaat seledri untuk pria, yang paling dikenal adalah khasiatnya dalam meningkatkan kesehatan seksual pria. Namun, penelitian tentang manfaat kesehatan spesifik dari seledri masih terbatas.

Lalu, bagaimana dengan manfaat seledri untuk pria secara umum? Berikut penjelasannya!

Baca juga: Air Mani Terlihat Encer, Susah Program Hamil?

Manfaat Seledri untuk Pria: Mitos vs Sains

Banyak mitos tentang manfaat seledri untuk pria yang beredar di dunia maya. Berikut informasi tentang manfaat seledri untuk pria yang berasal dari penelitian ilmiah:

Apakah Seledri Meningkatkan Kadar Androsteron?

Androsteron adalah zat yang mempengaruhi produksi hormon seks testosteron. Testosteron secara alami ada pada pria maupun wanita, namun jumlahnya jauh lebih banyak ada pada pria ketimbang wanita.

Testosteron merupakan hormon yang memengaruhi karakteristik fisik pria, seperti rambut tubuh. Testosteron juga terdapat di dalam keringat manusia. Beberapa sumber mengklaim bahwa seledri kaya akan androsteron, sehingga meningkatkan kadar testosteron dan juga gairah seksual pria.

Baca Juga :  Waspadai Kenaikan Gula Darah Pasca Lebaran, Terapkan Perencanaan 3J

Meskipun beberapa penelitian menunjukkan bahwa seledri mengandung androsteron, belum ada bukti bahwa mengonsumsi seledri atau minum jus seledri dapat meningkatkan kadar androsteron ataupun gairah seksual pria.

Apakah Seledri Termasuk Afrodisiak?

Afrodisiak adalah makanan atau obat yang meningkatkan gairah seksual. Feromon adalah hormon yang berfungsi di luar tubuh dan memiliki peran dalam berbagai situasi, termasuk ketertarikan seksual. Androsteron termasuk feromon. Androsteron juga terkandung di dalam keringat manusia, namun dalam jumlah kecil.

Beberapa pihak mengklaim bahwa seledri termasuk afrodisiak karena kandungan feromonnya ketika dikonsumsi. Namun penelitian terkait hal ini masih sangat terbatas. Diperlukan penelitian lebih banyak dan jelas untuk menentukan manfaat seledri untuk pria.

Baca juga: Atasi Gangguan Performa Seks Pria dengan Bahan Alami

Potensi Manfaat Seledri untuk Pria Lainnya

Meskipun data dan penelitian tentang efek spesifik dari seledri untuk pria masih terbatas, beberapa pihak percaya adanya potensi manfaat seledri untuk pria lainnya:

Meningkatkan Kesuburan

Seledri kaya akan vitamin C dan fitonutrien. Keduanya merupakan senyawa antioksidan tumbuhan yang mengandung bahan-bahan anti-inflamasi. Selain dapat membantu menurunkan risiko penyakit, antioksidan juga dapat meningkatkan kesehatan seksual pria.

Baca Juga :  Tiba di Kalbar, Ketum PKK Pusat Langsung Kunjungi Posyandu Ceria di Kota Pontianak

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa asupan tinggi antioksidan dapat meningkatkan jumlah dan motilitas (kemampuan bergerak) sperma. Keduanya merupakan faktor penting dalam kesuburan pria. Namun, dibutuhkan lebih banyak penelitian untuk memastikan efek seledri terhadap kesuburan pria tersebut.

Dapat Menurunkan Tekanan Darah

Seledri ataupun jus seledri juga dipercaya dapat mengontrol tekanan darah. Hal ini kemungkinan besar karena kandungan nitrat di dalam seledri. Nitrat dapat meningkatkan kesehatan jantung dan menurunkan tekanan darah.

Selain itu, tekanan darah tinggi juga dapat menyebabkan disfungsi ereksi pada pria. Mengonsumsi beragam buah dan sayuran, termasuk seledri, kemungkinan besar dapat membantu menyembuhkan disfungsi ereksi.

Kaya akan Vitamin K

Seledri merupakan salah satu sumber vitamin K. Satu cangkir seledri (124 gram) mengandung 30% dari rekomendasi asupan harian vitamin K untuk pria. Vitamin K merupakan nutrisi penting untuk pembekuan darah dan kesehatan tulang. (UH)

Baca juga: Tips Hubungan Makin Harmonis, Tingkatkan Stamina Pria dalam 14 Hari!

Sumber:

Healthline. Does Celery Have Benefits for Men?. November 2020.
National Library of Medicine. Ability to perceive androstenone can be acquired by ostensibly anosmic people.

Comment