5 Jenis Makanan yang Tidak Sepenuhnya Sehat

Buah-buahan adalah jenis makanan yang sehat. Tetapi jus buah dengan kandungan gula tinggi, tidak sehat. Bahkan ada beberapa makanan yang ternyata tidak sehat dan lebih buruk daripada rokok.

Merokok tidak baik untuk kesehatan kita. Bukan omong kosong belaka karena memang, merokok bisa meningkatkan risiko terkena kanker, komplikasi jantung, kesulitan bernapas. Bukan hanya bagi perokok aktif, melainkan perokok pasif yang sekadar menghirup asap rokok.

Namun, sebuah penelitian yang dilakukan di lebih dari 195 negara mengungkapkan bahwa, pola makan tidak seimbang lebih berbahaya daripada merokok karena menyebabkan 20 persen kematian di seluruh dunia.

Faktanya, kekurangan nutrisi penting dapat membahayakan kesehatan seseorang. Itu karena, pola makan tidak seimbang berkaitan langsung dengan makanan tidak sehat. Dan, beberapa makanan yang kita konsumsi bisa merusak tubuh, Gengs!

“Pola makan tinggi natrium merupakan faktor risiko utama mengapa ada banyak orang yang memiliki tekanan darah tinggi,” kata John Newton, peneliti yang juga direktur kesehatan di Public Health England.

Sementara itu, Stefan Lorkowski, peneliti asal Jerman, mengatakan bahwa diet harian merupakan pembunuh yang lebih besar daripada faktor risiko lainnya, termasuk merokok. Makan daging merah dan olahan secara berlebihan, mengonsumsi garam dan gula yang tidak terkontrol dan jarang makan buah, sayuran, dan kacang-kacangan bisa menyebabkan kanker dan kerusakan pada hati. “Tidak sedikit orang yang makan makanan rendah serat, tapi kaya akan pati dan lemak olahan serta kalori,” ucap Stefan.

Baca juga: Cabai Bikin Panjang Umur, Ini Hasil Penelitiannya!

5 Jenis Makanan yang Tidak Sepenuhnya Sehat

Jadi, sebelum Kamu makan sesuatu, ketahui apakah makanan tersebut baik untuk kesehatan atau malah secara perlahan, bisa membunuh Kamu, seperti halnya merokok. Inilah 5 jenis makanan yang tidak sehat dan sebaiknya kurangi konsumsinya.

Baca Juga :  Dokter Spesialis RSUD SSMA Pontianak Sarankan Pasien Diabetes Batalkan Puasa Jika Menemukan Gejala Ini

1. Jus Buah Segar

OK, pasti Kamu bingung kenapa jus buah segar bisa lebih berbahaya daripada rokok. Bagaimana pun, buah dianggap penting untuk kebutuhan nutrisi harian. Dan, jus segar adalah cara mudah untuk menambahkannya ke dalam menu harian. Namun, buah-buahan yang dibuat jus akan kehilangan sebagian besar unsur sehatnya seperti serat, yang berperan penting dalam pencegahan diabetes, penyakit jantung, dan obesitas.

Selain itu, minum jus buah secara berlebihan dapat menyebabkan masalah kesehatan karena jumlah gula yang dikandungnya. Faktanya, beberapa jus buah mengandung gula setara dengan satu kaleng soda. Oleh karena itu, dianjurkan untuk makan buah utuh daripada minum jus buah segar. Dibandingkan jus, buah segar sudah cukup untuk membuat Kamu kenyang lho!

2. Roti Putih

Terbuat dari biji-bijian olahan yang tidak mengandung cukup nutrisi dan serat. Padahal, serat berkontribusi pada berat badan sehat dan ideal, tekanan darah normal, serta risiko diabetes maupun penyakit kardiovaskular yang lebih rendah. Roti gandum utuh bisa menjadi alternatif Kamu yang ingin makan roti. Apalagi, penelitian mengungkapkan bahwa roti gandum bisa mengurangi risiko terkena diabetes dan penyakit kardiovaskular.

Baca juga: Jenis Roti Paling Ramah Gula Darah

3. Sereal

Gengs, apakah sereal menu sarapan Kamu? Well, banyak yang menganggap sereal merupakan makanan sehat dan bergizi di pagi hari, terutama buat Kamu yang tidak punya waktu. Namun, tidak semua jenis sereal memberikan manfaat yang sama karena terbuat dari biji-bijian olahan. Itu berarti, sereal tersebut kehilangan sejumlah besar serat dan nutrisi lain yang membantu Kamu tetap kenyang.

Baca Juga :  Turunkan Kadar Gula Darah dengan Coklat?

Belum lagi berapa banyak gula yang ditambahkan ke sereal agar makanan tersebut terasa lebih enak. Asupan gula yang berlebihan dapat menyebabkan diabetes, penyakit jantung dan obesitas. Karena itu, pilihlah oatmeal dengan kandungan cukup serat dan tanpa tambahan gula.

4. Kedelai

Kebanyakan, kedelai yang beredar di pasar sudah dimodifikasi secara genetik. Itu artinya, Kamu hampir tidak mendapatkan nutrisi yang terkandung pada kedelai. Selain itu, kedelai mengandung kadar isoflavon tinggi yang bisa mengganggu siklus menstruasi Kamu, Gengs! Mengonsumsi kedelai juga dikaitkan dengan peningkatan aktivitas hormon tiroid yang bisa menyebabkan penurunan berat badan secara drastis, keringat, dan pembengkakan di leher.

5. Granola

Meski kaya nutrisi, granola mengandung gula yang tidak sedikit. Menurut Nutrient Database, satu porsi granola mengandung 15 hingga 30 gram gula. Jika memilih dengan benar, snack bar seperti granola merupakan camilan sehat untuk dikonsumsi karena mengandung banyak nutrisi penting. Snack bar yang aman dikonsumsi harus mengandung setidaknya 3 gram serat, 5 gram protein, dan kurang dari 10 gram gula.

Itu tadi Geng Sehat, makanan yang sebaiknya dihindari. Geng Sehat bukannya menghindari seutuhnya makanan-makanan tersebut, tetapi lebih cermat dalam memilih. Jika menginginkan produk makanan tersebut, cermati kandungan gula dan beberapa zat penting lainnya.

Baca juga: Makanan Sehat Vs Makanan Tidak Sehat untuk Diabetes

Referensi:

Bright Side. 8 Foods That Are Worse Than Cigarettes

Times of India. Eating junk food is killing people more than smoking, finds a study

Eat This, Not That! A Bad Diet Is Worse for You Than Smoking, Reports a New Study

Comment