Gus Nur Ditangkap, Polisi: Terkait Sebaran Ujaran Kebencian SARA

KalbarOnline.com – Pendakwah Sugik Nur Raharja atau yang beken disapa Gus Nur ditangkap tim Bareskrim Mabes Polri di kediamannya di Pakis, Malang, Jawa Timur. Gus Nur ditangkap dini hari tadi.

Direktur Tindak Pidana (Dir Tipid) Siber Bareskrim Polri Brigjen Pol Slamet Uliandi menyebut, Gus Nur ditangkap atas tuduhan menyebarkan informasi untuk menimbulkan rasa kebencian atau permusuhan. Pernyataan Gus Nur tersebut disebarkan dalam akun Akun Youtube MUNJIAT Channel pada 16 Oktober 2020.

Baca Juga :  Dianggap Telat Sadar Corona, Italia Siapkan Cara Ekstrim Hadapi Dampak Corona

“Tindak pidana menyebarkan informasi untuk menimbulkan rasa kebencian atau permusuhan, menyebarkan informasi untuk menimbulkan rasa kebencian atau permusuhan berdasarkan atas SARA dan penghinaan,” tutur Slamet dikutip dari detik.com.

Namun Bareskrim masih menyelidiki motif Gus Nur diduga menyebarkan ujaran kebencian tersebut. “Motif masih dalam pendalaman,” ujarnya.

Baca Juga :  Sudah Terdaftar di UNESCO, Gamelan Cokekan Miniatur Grup Karawitan Dikenalkan ke Generasi Muda

Sebelumnya, Gus Nur dilaporkan ke Bareskrim Polri dengan tuduhan menghina organisasi Nahdlatul Ulama (NU) dalam pernyataannya di acara dialog salah satu channel YouTube.

Dia dilaporkan oleh Ketua Tanfidziyah Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kabupaten Cirebon, KH Aziz Hakim. [rif]

Comment