Hari Dokter Indonesia, IDI: Terus Berjuang dan Jangan Patah Semangat

KalbarOnline.com – Ikatan Dokter Indonesia (IDI) berpesan agar saling bahu membahu terus berjuang bersama. Sebab hingga saat ini dokter bersama masyarakat berupaya keras mengatasi bencana pandemi covid-19 yang sedang melanda Indonesia. Hal itu sekaligus memperingati Hari Dokter Indonesia sekaligus Peringatan Hari Ulang Tahun ke-70 IDI.

Ketua Majelis Kolegiuk Kedokteran Indonesia, Prof. Dr dr David S Perdanakusuma, SpBP(K) menegaskan, agar tidak patah semangat dalam menyelamatkan masyarakat di tengah wabah yang masih berlangsung itu.

“Karena tanggung jawab itu tersemat di pundak kita. Jangan patah semangat, kalau bukan kita sebagai dokter, siapa lagi yang dapat diharapkan menyelamatkan negeri kita tercinta Indonesia ini dari pandemi ini,” ujarnya dalam keterangannya, Sabtu (24/10).

Baca Juga :  Cari Puing Pesawat Sriwijaya Air, Penyelam Yontaifib Temukan KTP

Ia meminta, agar seluruh sejawat dokter di Indonesia tetap teguh memegang azas kemaslahatan bagi seluruh masyarakat dan azas kesejawatan antar dokter. “Itu adalah ikatan yang abadi yang tidak luntur karena waktu,” ucapnya.

Sementara, Ketua Tim Mitigasi PB IDI dan Ketua Terpilih PB IDI dr Adib Khumaidi, SpOT menyebut, profesi dokter di Indonesia saat ini dihadapkan dengan tantangan yang sangat luar biasa bahkan ancaman terhadap eksistensi profesi yang dapat dibagi menjadi tantangan yang berasal dari dalam maupun luar.

Baca Juga :  488 Yonif Raider Khusus Walet Sakti Diberangkatkan ke Kongo

Sementara untuk mengatasi pandemik Covid 19 ini perlu penekanan yang diberikan pada biosecurity dan upaya untuk mencegah penyebaran penyakit menular.

“Meningkatkan perhatian pada inisiatif horizontal seperti program jangka panjang untuk memperkuat layanan kesehatan nasional, pelayanan kesehatan primer, pendidikan kesehatan masyarakat atau keterlibatan masyarakat dalam penyusunan inisiatif kesehatan,” tutupnya.

Saksikan video menarik berikut ini:

Comment