Prabowo ke Amerika, Pakar: Ini Strategi AS Melawan Tiongkok

KalbarOnline.com – Guru Besar Hukum Internasional Universitas Indonesia Hikmahanto Juwana menyakini Menteri Pertahanan Amerika Serikat (AS) Mark T. Esper punya maksud khusus mengundang Menhan Prabowo Subianto ke Amerika Serikat. Hikmahanto mengatakan, AS menilai Indonesia memiliki kedekatan dengan Tiongkok.

Hikmahanto menuturkan, jika kedekatan Indonesia dan Tiongkok terus dibiarkan, maka hal ini tentu bisa mengancam posisi Amerika. “Undangan Menhan AS kepada Menhan Prabowo ke AS harus dilihat sebagai strategi AS menghadapi Tiongkok,” kata Hikmahanto kepada wartawan, Jumat (16/10).

Ia menjelaskan, menurut keterangan Buku Putih Departemen Pertahanan Amerika disebutkan bahwa Tiongkok berniat membangun pangkalan militer di Indonesia. Ditambah dengan kedekatan ekonomi antara Tiongkok dan Indonesia, hal ini bisa menjadi ancaman serius buat AS.

Baca Juga :  Hasil Investigasi Ombudsman Terkait Skandal Kasus Djoko Tjandra

“Dikhawatirkan ketergantungan ekomomi Indonesia terhadap Tiongkok akan melemahkan prinsip Kebijakan Luar Negeri Indonesia yang bebas aktif,” ucapnya.

AS memprediksi Indonesia bisa jatuh atau setidaknya mudah dikendalikan oleh Tiongkok jika terus menerus ketergantungan ekonomi. Kondisi ini tidak ideal mengingat Indonesia adalah negara strategis dan memiliki peran sentral di kawasan Asia Pasifik dan menganut politik bebas aktif.

Dengan begitu, masuk akal jika AS ingin mencegah Indonesia terjatuh ke dalam perangkap Tiongkok.

“AS juga ingin memberi pesan kepada Tiongkok bahwa Indonesia berpihak kepada AS, utamanya dalam ketegangan AS-Tiongkok di Laut China Selatan,” ujar Hikmahanto.

Melalui pertemuan dengan Prabowo, Amerika juga ingin menegaskan kepada Tiongkok bahwa Indonesia tetap menerapkan politik bebas aktif. Indonesia tidak berpihak kepada negara manapun.

Baca Juga :  Capaian Tes Covid-19 Harus Diimbangi dengan Patuh Protokol 3M

“Namun demikian, keberangkatan Menhan Prabowo harus mendapat jaminan dari pemerintah AS agar Prabowo tidak diseret ke lembaga peradilan atas dugaan pelanggaran HAM masa lalu,” pungkas Hikmahanto.

Sebelumnya, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto mengatakan keberangkatannya ke Amerika Serikat adalah perintah langsung dari Presiden Joko Widodo (Jokowi). Saat menerima undangan kunjungan kerja dari Menteri Pertahanan Amerika Mark T Esper, Prabowo langsung melapor ke Jokowi.

Jokowi kemudian langsung memerintahkan Prabowo berangkat ke Negeri Paman Sam. Mantan Danjen Kopassus itu pun langsung memutuskan akan menjalankan kunjungan ke Amerika. Sebab, Amerika dianggap salah satu negara penting bagi Indonesia untuk kerjasama.

Comment