Pemerintah Tetap Fokus Jaga Kesehatan Nakes di Garda Depan

KalbarOnline.com – Koordinator Rumah Sakit Darurat Covid-19 Wisma Atlet, Mayjen TNI Tugas Ratmono mengatakan, menjaga kesehatan para tenaga medis merupakan hal yang penting. Sebab mereka merupakan garda terdepan dalam upaya pencegahan dan penyembuhan virus korona atau Covid-19.

“Kalau di Wisma Atlet kami sudah mengelola sedemikian rupa tenaga kesehatan yang bertugas langsung memberikan pelayanan pada pasien Covid-19, di sana kita bagi satu shif ada lima tim. Sehingga satu tim bekerja delapan jam, kemudian akan menunggu giliran masuk ke shif lagi. Kita memberikan suatu peluang untuk bisa istirahat, agar tidak merasa beban yang sangat tinggi,” kata Tugas Ratmono dalam keterangannya, Selasa (13/10).

Tugas juga menuturkan, untuk menjaga kesehatan para tenaga medis, menjaga imunitas merupakan hal terpenting. Menurutnya, pihaknya menyediakan vitamin untuk menjaga imunitas tubuh.

“Kita juga betul-betul memperhatikan bagaimana mereka berkerja tanpa ada suatu tekanan kelelahan,” ujar Tugas.

  • Baca Juga: 40 Ribu Orang Di-swab, Indonesia Tambah 3.906 Kasus Baru Covid-19

Karena itu, Tugas meminta, para tenaga kesehatan yang berhadapan langsung dengan pasien Covid-19 agar selalu berolahraga untuk menjaga daya tahan tubuh. Selain itu, menjaga pikiran juga merupakan hal penting.

“Kita ada yang namanya hiburan, seperti nonton bareng, tapi betul-betul dijaga jarak sesuai protokol kesehatan, di Wisma Atlet juga melalukan olahraga,” ucap Tugas.

Selain sehat jasmani, kesehatan rohani juga tidak kalah penting. Dia menyebut, Wisma Atlet juga menyediakan bimbingan rohani dan psikolog juga disiapkan untuk para tenaga kesehatan dan pasien Covid-19.

“Mereka di sana kita lakukan dengan baik, sehingga para petugas kesehatan para nakes di sana betul-betul merasa tidak ada suatu proses yang tertekan dan kekelahan untuk melakukan pelayanan dengan baik kepada pasien,” tandasnya.

BACA JUGA:  Doni: Kerumunan Pasti Menimbulkan Penularan Covid-19

Untuk mencegah penyebaran Covid-19, masyarakat pun diharapkan mematuhi atau disiplin protokol kesehatan dengan menerapkan 3M yakni, memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan dengan sabun atau handsanitizer.

Comment