Helikopter Patroli Karhutla Bantuan BNPB Tiba di Kalbar

KalbarOnline, Pontianak – Provinsi Kalimantan Barat mendapatkan bantuan dua unit helikopter yang akan digunakan untuk membantu penanganan kebakaran hutan dan lahan (karhutla) yang kini sudah mulai terjadi.

Ketua Satgas Informasi Bencana BPBD Provinsi Kalbar, Daniel menerangkan, satu unit helikopter itu akan ditempatkan di Pontianak untuk melakukan patroli udara di wilayah Pontianak dan kabupaten terdekat dengan Kota Pontianak, sedangkan satu unit lainnya ditempatkan di Kabupaten Ketapang untuk melakukan patroli udara di wilayah Ketapang maupun kabupaten lain yang terdekat dengan Kabupaten Ketapang.

Baca Juga :  Katherine Oendoen Sebut Kinerja PLN Bertolak Belakang Dengan Fakta Lapangan

Dengan adanya helikopter patroli tersebut, diharapkan akan lebih cepat dan mudah dalam menangani karhutla.

“Sebelum melaksanakan operasi pada hari Kamis, 15 Juni 2023, BNPB terlebih dahulu akan melakukan verifikasi hal-hal yang berkaitan dengan kegiatan operasi yang akan dilaksanakan,” ungkapnya, Selasa (14/06/2023).

Helikopter patroli karhutla bantuan BNPB untuk wilayah Kabupaten Ketapang dan sekitarnya. (Foto: Indri)
Helikopter patroli karhutla bantuan BNPB untuk wilayah Kabupaten Ketapang dan sekitarnya. (Foto: Indri)

Selain helikopter patroli, lanjut Daniel, Pemerintah Provinsi Kalbar juga sedang menunggu helikopter untuk water bombing. Dalam operasinya helikopter patroli dan helikopter water bombing ini di bawah kendali Satgas Udara.

Baca Juga :  Vaksinasi Covid-19 jadi Harapan untuk Akhiri Pandemi di Indonesia

“Dengan adanya helikopter ini kita berharap kebakaran hutan dan lahan yang berpotensi menimbulkan bencana asap dapat diminimalisir, karena pengawasan melalui udara dan darat dapat dilakukan secara bersama-sama,” harapnya.

BPBD Provinsi Kalbar sudah berkoordinasi dengan BPBD kabupaten/kota agar kapasitas personel dan peralatan terus ditingkatkan dalam kemampuan untuk melakukan pengawasan di area yang berpotensi terbakar. (Indri)

Cek Berita dan Artikel lainnya di Google News

Comment