Pasangan Isdianto-Suryani Jelaskan 6 Prioritas untuk Membuat Kepri Semakin Maju

KalbarOnline.com, Tanjungpinang – Mengusung motto bersatu teruskan pembangunan, pasangan Calon Gubernur dan Wakil dan Wakil Gubernur Kepulauan Riau Isdianto-Suryani (INSANI) berkomitmen untuk meneruskan beragam pencapaian dan keberhasilan yang diraih Kepri selama ini.

Di sisi lain, pasangan nomor urut dua itu juga menyiapkan sejumlah langkah untuk membuat negeri segantang lada semakin maju dan unggul di segala sektor. Saat menyampaikan visi dan misi pencalonannya di Sidang Paripurna DPRD Kepulauan Riau, Senin (12/10), Isdianto menjelaskan tentang enam prioritas yang akan dilakukan pasangan INSANI untuk membuat Kepri semakin maju.

Pertama, jelas Isdianto, yakni meningkatkan skor Indeks Pembangunan Manusia (IPM). Skor IPM menjelaskan bagaimana masyarakat dapat mengakses hasil pembangunan dalam memperoleh pendapatan, kesehatan, pendidikan, kesejahteraan, dan sebagainya.

Skor IPM terbagi menjadi empat komponen penilaian, yakni rendah, sedang, tinggi, dan sangat tinggi. Menurut Isdianto, skor IPM Kepri pada 2019 mencapai 73, berada di level tinggi. Skor ini melebihi pencapaian nasional yang hanya mendapatkan 71,92.

Baca Juga :  Tak Becus Tangani Corona, Dokter Dian Minta Anies Copot Kadis Kesehatan DKI

Ke depan, pasangan INSANI optimistis skor IPM Kepri bisa terus meningkat dan berada di level sangat tinggi. “Ikhtiar pasangan INSANI selama lima tahun ke depan adalah menjadikan skor IPM Kepri tertinggi di Indonesia, berada di atas 80,” kata Isdianto, Senin (12/10).

Prioritas kedua, pasangan nomor urut dua itu akan fokus menurunkan angka kemiskinan hingga di bawah 5 persen. Rencana ini sejalan dengan enam misi yang diusung pasangan INSANI. Keenam misi tersebut muaranya adalah membuat Kepri semakin maju, gemilang, religius, dan unggul di bidang maritim.

Pada prioritas ketiga, Isdianto yang merupakan adik kandung almarhum Muhammad Sani itu menjelaskan, pasangan INSANI berkomitmen untuk menekan angka pengangguran hingga di bawah 5 persen, termasuk meningkatkan kualitas dan akses pekerja lokal agar semakin berdaya saing.

Baca Juga :  Kedapatan Palsukan Surat Hasil Rapid Test, Satu Keluarga Gagal Terbang

Prioritas keempat, Isdianto dan Suryani akan terus berusaha meniadakan angka putus sekolah dengan menggratiskan biaya pendidikan untuk anak-anak Kepri. “Sementara yang bersekolah di sekolah swasta akan diberikan subsidi pendidikan,” jelas Isdianto.

Kelima, pasangan INSANI akan terus berusaha meningkatkan kualitas dan kuantitas layanan kesehatan dengan menjangkau 52 kecamatan dan 299 kelurahan/desa. Demi merealisasikan rencana di sektor kesehatan, pasangan INSANI telah menyiapkan 10 program unggulan, salah satunya menjamin akses masyarakat terhadap layanan kesehatan berkualitas melalui sistem rujukan berbasis penggunaan teknologi kesehatan.

Pada prioritas keenam, pasangan calon gubernur dan wakil gubernur yang diusung oleh Partai Hanura, PKS dan Demokrat ini komitmen untuk menumbuhkan sentra-sentra ekonomi kreatif dan digital di setiap wilayah, termasuk melindungi dan mengakomodasi hak dan kesejahteraan pekerja dan buruh secara maksimal. (ind)

Comment