Luhut Ingatkan Cuaca Ekstrim Bisa Ciptakan Klaster Baru Penyebaran Covid-19

KalbarOnline.com – Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan minta agar Wisma Atlet, Kementerian Kesehatan dan perwakilan BUMN untuk terus waspada dengan faktor cuaca. Mengingat beberapa bulan ke depan Indonesia akan menghadapi musim penghujan.

Hal ini diungkapkan oleh Menko Luhut pada rapat kordinasi virtual tentang Penanganan Covid 19 di Wisma Atlet, Selasa, (6/10/2020).

“Tiga bulan ke depan kita harus bersiap dengan perubahan cuaca yang ekstrem, ditakutkan akan timbul klaster baru karena faktor tersebut,” katanya seperti dikutip dari keterangan pers Biro Komunikasi Kemko Bidang Kemaritiman dan Investasi, Rabu (7/10/2020).

Baca Juga :  OMG Bikin Sedih! Polwan di Dompu NTB Jaga Kantor Bawaslu Sambil Pangku Putrinya yang Tidur

Menko Luhut juga menegaskan, perubahan cuaca ini dapat menimbulkan penyakit demam berdarah yang gejalanya mirip dengan Covid-19.

“Kita harus mampu mengakomodir keduanya pula, jangan sampai satu orang terjangkit keduanya,” tegasnya.

Selain memperingatkan tentang sistematika pencegahan tersebut, Menko Luhut juga mengingatkan kepada pihak RSD Covid-19 Wisma Atlet untuk terus menjaga kedisiplinan mereka yang sudah baik.

“Angka kesembuhan yang tinggi di wisma atlet ini harus dipertahankan, juga bisa menjadi rujukan bagi RS lainnya,” ungkapnya.

Baca Juga :  Erick Thohir Tunjuk Sejumlah Pengusaha dan Menteri di Jajaran Pengurus MES, Ini Daftarnya

Menanggapi hal tersebut, Koordinator RSD Covid-19 Wisma Atlet, Mayjen TNI Tugas Ratmono menekankan bahwa RSD memiliki persentase kesembuhan tinggi.

“Tingkat kesembuhan di RSD Wisma Atlet rata-rata mencapai 90%, dan kami terus menerapkan kedisiplinan untuk meningkatkan angka kesembuhan,” ujarnya.

Ia juga akan terus waspada terkait perubahan cuaca ekstrem dan akan menyiapkan berbagai mitigasi terhadap hal tersebut. [rif]

Comment