by

Yohanes Rumpak-Syarifuddin Mohon Restu dan Dukungan Kesultanan Sintang

--185 views

Yohanes Rumpak-Syarifuddin Mohon Restu dan Dukungan Kesultanan Sintang

Rumpak dihadiahi cincin oleh Sultan Sintang

KalbarOnline, Sintang – Pasangan Yohanes Rumpak-Syarifuddin resmi ditetapkan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sintang sebagai pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati pada pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Sintang 9 Desember 2020 mendatang.

Keduanya sah menjadi pasangan calon, karena telah memenuhi syarat pencalonan. Pasangan calon dengan jargon Mandau Mengkilat ini pun telah resmi mendapatkan nomor urut, di mana berdasarkan hasil pengundian nomor urut, pasangan ini mendapatkan nomor urut 3.

Usai melewati sejumlah tahapan itu, Yohanes Rumpak-Syarifuddin langsung tancap gas. Didampingi perwakilan partai pengusung dan pendukung serta sejumlah tim Koalisi Sintang Baru, Yohanes Rumpak dan Syarifuddin langsung bertolak ke Istana Al-Mukarramah Kesultanan Sintang menggunakan Kapal Bidar Jubair Sintang. Sebagai orang timur yang menjunjung tinggi norma kesopanan, Yohanes Rumpak-Syarifuddin dan rombongan memohon restu dari Sultan dan kerabat kesultanan untuk menjalani kontestasi Pilkada Sintang 2020.

Kedatangan pasangan Mandau Mengkilat dan rombongan pun disambut hangat oleh Sultan Sintang, Pangeran Raden Barry Danu Brata Perdana dan kerabat kesultanan. Pasangan Yohanes Rumpak-Syarifuddin merupakan paslon pertama yang memohon restu kepada pihak Istana Kesultanan Al-Mukarramah Sintang.

Di kesempatan itu Yohanes Rumpak secara tegas menyatakan bahwa kedatangan pihaknya dalam rangka memohon restu sekaligus memohon dukungan dari Kesultanan Al-Mukarramah Sintang kepada pasangan Mandau Mengkilat menghadapi Pilkada Sintang 2020.

“Saya ucapkan terima kasih atas diterimanya kami di keraton. Kami datang dalam rangka memohon doa restu kepada Sultan dan kerabat kesultanan. Karena kami sudah secara sah sebagai salah satu peserta Pilkada Sintang 2020. Kemarin sudah ditetapkan dan tadi kita sudah cabut undi dengan nomor urut 3,” ujarnya.

Rumpak menegaskan bahwa dirinya bersama Syarifuddin berkomitmen menjalin komunikasi yang baik dengan pihak kesultanan dalam rangka bersama-sama membangun Sintang kedepan.

“Kita akan terus menjalin komunikasi lebih lanjut dengan pihak kesultanan, karena banyak hal bisa dibicarakan bersama. Terlebih lagi pasangan Mandau Mengkilat ini merupakan pasangan harmonis,” tukasnya.

Di hadapan Sultan, Rumpak pun menyampaikan bahwa pasangan Yohanes Rumpak-Syarifuddin mengutamakan program kerja dan menciptakan pilkada damai tanpa membawa isu SARA dan sebagainya.

“Kita akan utamakan program dan Insya Allah kita akan tunjukkan bahwa Yohanes Rumpak-Syarifuddin adalah pasangan yang berkualitas dengan berbagai pengalaman kita,” tegasnya.

Mantan anggota DPRD Kalbar ini pun mengajak semua pihak tak terkecuali pihak Kesultanan Sintang untuk membangun Bumi Senentang bersama Sintang Baru.

“Saya yakin, Sultan dengan segala pengaruh dan kebijaksanaannya dapat mengambil keputusan yang bijaksana pula dalam mengambil keputusan (mendukung.red),” tandasnya.

Sementara Sultan Sintang, Pangeran Raden Barry Danu Brata Perdana menegaskan bahwa mengaku bahagia dikunjungi oleh Yohanes Rumpak-Syarifuddin. Dirinya dan pihak kerabat Kesultanan Al-Mukarramah Sintang merasa dihormati.

“Kita dari pihak kerabat Kesultanan merasa dihormati dan dihargai. Karena habis cabut undi langsung minta restu ke Keraton Sintang. Artinya pasangan calon nomor 3 ini menghargai kerabat Kesultanan Sintang,” ujarnya.

Sultan pun menegaskan bahwa pihak kesultanan kata dia, pada prinsipnya menerima siapapun tamu yang datang ke Kesultanan Al-Mukarramah Sintang. Sementara terkait kontestasi Pilkada, ditegaskan Sultan, pihaknya mendoakan yang terbaik untuk pasangan Mandau Mengkilat.

“Kita doakan. Karena pada prinsipnya, kita bukan cari Bupati etnis atau Bupati agama tapi yang kita cari adalah Bupati Sintang. Pesan saya, jangan terlalu banyak janji,” tandasnya.

Dalam kesempatan itu, Sultan pun menghadiahkan sebuah cincin yang dikenakannya dan secara spontan dipasangkan ke jemari Yohanes Rumpak sebagai wujud penghormatannya.

Sementara Ketua DPD Gelora Sintang, Purba mengaku bangga dengan langkah dilakukan oleh Yohanes Rumpak-Syarifuddin yang langsung melakukan silaturahmi sekaligus memohon restu kepada pihak Kesultanan Al-Mukarramah Sintang.

“Ini menandakan bahwa pasangan Mandau Mengkilat menghomati adat istiadat dan budaya,” ujarnya.

“Artinya Yohanes Rumpak-Syarifuddin betul-betul menjunjung tinggi nilai-nilai kesopanan terhadap kerabat Kesultanan Istana Al-Mukarramah yang merupakan saksi awal berdirinya Kota Sintang,” tegasnya.

Dirinya pun mengucapkan terima kasih kepada Sultan Sintang dan kerabat Kesultanan Istana Al-Mukarramah Sintang yang telah menyambut Koalisi Sintang Baru.

“Terima kasih saya ucapkan kepada Sultan dan kerabat kesultanan. Semoga ini komunikasi yang baik ini terus terjalin,” harapnya.

Sebagai partai pendukung, Gelora Sintang ditegaskan Purba berkomitmen memenangkan pasangan Mandau Mengkilat. Sejumlah program kerja pun, diakui Purba, telah disiapkan pihaknya untuk mendongkrak pundi-pundi suara Yohanes Rumpak-Syarifuddin.

“Yang pasti, kita komitmen memenangkan pasangan Mandau Mengkilat bersama-sama Koalisi Sintang Baru,” tandasnya. (*)

Penulis: Jauhari Fatria

Gravatar Image
Saya Penulis Pemula

Comment