Novel Baswedan Sampaikan Istri dan Empat Anaknya Positif Covid-19 Tanpa Gejala

KalbarOnline.com – Setelah dinyatakan positif Covid-19, penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Novel Baswedan kembali mengungkapkan jika ternyata anggota keluargannya juga positif Covid-19.

Mereka terdiri dari istri dan empat anak Novel. Sedangkan anak bungsunya dinyatakan negatif. “Semuanya di keluarga, kecuali anak saya yang paling kecil, negatif. Sedangkan saya, istri dan anak-anak, empat orang anak, semuanya positif,” kata Novel dalam video yang diunggah di akun Instagram @novelbaswedanofficial, Selasa (1/9/2020).

Novel menuturkan, meski positif Covid-19, ia dan keluarganya tidak merasakan ada gejala. Ia mengaku telah memeriksakan diri ke Puskesmas Kelapa Gading dan tidak menemukan masalah. “Alhamdulillah semua baik-baik saja, tidak ada keluhan dan hasil tes lab darahnya pun baik,” ujar Novel.

Menurut Novel, dokter telah menyatakan bahwa fase kritis Covid-19 bagi keluarganya sudah lewat. Ia pun berharap kondisi keluarganya dapat segera pulih.

Baca Juga :  Dikenal Penerus Dr. Azahari, Ini Rekam Jejak Upik Lawanga yang Berhasil Ditangkap Densus

“Apa yang terjadi dengan covid sekarang ini terhadap keluarga saya, fase-fase kritisnya sudah lewat, jadi semoga semuanya bisa menjadi baik seperti sedia kala dan hasil tesnya juga negatif,” tegasnya.

Sebelumnya, Puskesmas Kecamatan Kelapa Gading melakukan tracing atau active case finding (ACF) terhadap keluarga Penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Novel Baswedan. Hal ini dilakukan menyusul hasil swab test yang keluar menunjukkan bila Novel positif Covid-19.

“Sebanyak 10 orang telah menjalani tes swab guna mengetahui sejauh mana penyebaran Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) pada keluarga. Penanganan awal kami lakukan tracking keluarga dan orang yang pernah kontak erat dengan pasien,” kata Kepala Puskesmas Kecamatan Kelapa Gading Diah Anggraeni saat dikonfirmasi, Jumat (28/8/2020) lalu.

Baca Juga :  Logos Merapat, Dukungan Masyarakat untuk Enos-Yudha Semakin Kuat

Setelah dilakukan swab test, pihak Puskesmas mengirim sampelnya ke Laboratorium Kesehatan Daerah (Labkesda) Provinsi DKI Jakarta. Nantinya, hasil tes akan diberitahu kepada setiap peserta secara langsung tanpa perantara orang lain. “Intinya SOP (Standar Operasional Prosedur) penanganan Covid-19 untuk setiap warga sama. Ke depannya akan kami pantau kesehatannya,” kata Diah.
Diberitakan sebelumnya, Novel dinyatakan positif Covid-19 berdasarkan hasil tes usap atau swab test yang diselenggarakan KPK. Total terdapat 23 orang pegawai KPK dan satu orang tahanan yang dinyatakan positif Covid-19.

KPK memutuskan menutup kantor dan memberlakukan sistem bekerja dari rumah mulai Senin (31/8/2020) kemarin hingga Rabu (2/9/2020) besok untuk mencegah penularan Covid-19. [sam]

Comment