Lima Langkah Mudah untuk Bantu Data di Smartphone Tetap Aman

KalbarOnline.com – Smartphone atau ponsel pintar kini sudah menjadi bagian hidup dari seseorang. Smartphone kini bahkan seolah tak bisa terlepas dari kehidupan sehari-hari manusia. Karena sudah menjadi bagian dari kehidupan, menjaga perangkat smartphone untuk tetap aman juga penting. Tak hanya secara fisik, melindungi apa yang ada di dalamnya juga kini menjadi perhatian tersendiri bagi banyak orang.

  • Baca juga: Kaspersky Ungkap Sektor UKM di Indonesia Paling Dibidik Penjahat Siber

Terkait dengan hal tersebut, Kaspersky memberikan lima tips terkait cara menjaga smartphone, khususnya data di dalamnya agar tetap aman. Ini penting, sebab kini bahkan akun krusial seperti perbankan dan file berharga lainnya ada di sana.

1. Memeriksa Aplikasi
Pertama, untuk menjaga perangkat smartphone agar datanya tetap aman, mulailah dengan daftar aplikasi yang diinstal. Telusuri dengan cermat dan segera menghapus apa pun aplikasi yang tidak Anda gunakan.

Baca Juga :  Intel Jual Bisnis Memorinya ke Perusahaan Korsel SK Hynix Rp 132,4 T

Anda secara tidak langsung akan mendapatkan berbagai manfaat. Pertama, jelas mengosongkan ruang pada ponsel cerdas Anda dan meningkatkan kinerja (memori tidak bekerja secara optimal pada kapasitas yang penuh). Kedua, Anda akan meningkatkan masa pakai baterai jika beberapa aplikasi yang tidak terpakai dihapus.

Ketiga, Anda tidak akan menjadi target potensial bagi mata-mata dan pencuri, jika terdapat aplikasi yang berpotensi berbahaya di ponsel Anda. Bahkan program yang sah sekalipun dapat menjadi sumber infeksi jika diretas, atau jika pengembangnya tanpa sadar menggunakan komponen berbahaya dalam kode aplikasi. Semakin sedikit aplikasi berarti semakin kecil peluang terjadinya insiden keamanan.

2. Memeriksa Izin Aplikasi
Selanjutnya memeriksa Izin aplikasi. Sekarang Anda hanya memiliki aplikasi yang benar-benar digunakan, kembali ke daftar, namun kali ini dengan perspektif mengenai permission atau “izin”.

Baca Juga :  Audit Aset Digital, Bisa Jadi Kunci Keberhasilan UMKM Maju Pesat

Sebagai aturan utama, jangan membagikan hak yang tidak perlu saat memasang aplikasi baru. Semakin banyak izin yang dimiliki aplikasi, semakin banyak hal yang dapat dilakukan pada perangkat Anda khususnya, semakin banyak data pribadi yang dapat dikumpulkan.

Jadi, hanya berikan izin setiap aplikasi seminimal mungkin untuk pengoperasian dan keramahan pengguna. Berikan perhatian khusus pada izin yang terkait dengan aplikasi admin perangkat (device admin apps) dan aksesibilitas, berikan izin hanya jika Anda mempercayai aplikasi tersebut 100 persen.

“Sekali lagi, jangan pernah takut untuk mencabut izin. Jika Anda mencabut izin dan aplikasi berhenti berfungsi dengan baik atau beberapa fitur hilang, Anda selalu dapat menerbitkannya kembali. Anda dapat membaca posting kami untuk detail mengenai izin di Android dan apa yang dapat mereka lakukan,” ujar pihak Kaspersky melalui keterangan tertulisnya kepada KalbarOnline.com.

Comment