Sering Memijat Kaki, Ternyata Ini Manfaatnya!

Memijat kaki bisa dilakukan untuk merileksasi diri, khususnya setelah beraktivitas dengan berjalan dan berdiri seharian. Nah, memijat kaki bisa membantu meredakan rasa pegal di kaki. Namun, hal tersebut hanyalah salah satu dari beragam manfaat memijat kaki. Ternyata, ada banyak manfaat memijat kaki untuk kesehatan, baik yang bersifat jangka pendek maupun jangka panjang.

Ada beberapa teknik memijat kaki yang berbeda, namun semuanya memiliki manfaat kesehatan tertentu. Misalnya, teknik terapi tradisional membantu merileksasi otot dan sendi. Teknik akupresu berfungsi meningkatkan kesehatan secara menyeluruh, serta menambah energi. Teknik aromaterapi menggunaka minyak wangi dan musik yang merileksasi sebagai elemen tambahan untuk menrangsang indera. Sementara itu, teknik refleksologi meningkatkan fungsi organ.

Jadi, apa saja manfaat memijat kaki menurut banyak ahli dan penelitian? Berikut penjelasannya!

Baca juga: Pijat Si Kecil Yuk, Mums!

Manfaat Memijat Kaki

Ada banyak manfaat memijat kaki terhadap kesehatan, baik yang bersifat jangka panjang maupun jangka pendek:

1. Meningkatkan Kualitas Kehidupan Seks

Kamu bisa meningkatkan kualitas kehidupan seks hanya dengan memijat kaki. Sebelum berhubungan seks, Kamu dan pasangan bisa saling membantu memijat kaki satu sama lain. Yang diperlukan hanyalah minyak, lilin, aromaterapi yang wangi, dan musik untuk mengatur suasana dan meningkatkan gairah seksual.

Kaki merupakan titik awal yang bagus karena dapat meningkatkan gairah seksual, serta juga sebagai transisi yang mudah untuk sampai ke zona erotis seperti bagian belakang lutut dan paha bagian dalam.

Baca Juga :  Kram Perut di Masa Subur, Wajarkah?

2. Meningkatkan Sirkulasi Darah

Banyak orang yang harus duduk selamam berjam-jam setiap hari menatap layar komputer karena tuntutan pekerjaan. Gaya hidup tidak aktif seperti itu membuat otot kaki jadi jarang digunakan. Hal ini menyebabkan sirkulasi darah tidak lancar, ditambah lagi jika Kamu memakai sepatu yang terlalu kencang dan tidak nyaman.

Nah, hal ini tersebut bisa diatasi dengan memijat kaki selama 10-20 menit sebelum tidur. Cara ini bisa membantu meningkatkan sirkulasi darah, khususnya di tubuh bagian bawah.

3. Mencegah Cedera Kaki

Jika Kamu sedang mengalami cedera, memijat kaki bisa membantu mempercepat proses pemulihan dan meredakan nyeri otot. Nah, jika Kamu membiasakan diri memijat kaki sambil dikombinasikan dengan latihan penguatan dan peregangan pergelangan kaki, hal ini bisa mencegah terjadinya cedera kaki di lain waktu, sekaligus mempercepat pemulihan.

4. Membantu Mengatasi Depresi dan Kecemasan.

Menurut beberapa penelitian terhadap manfaat memijat kaki, ditemukan bahwa jenis refleksologi tidak hanya membantu merileksasi diri saat sedang dipijat, namun juga meredakan kecemasan pada pasien kanker. Teknik ini bisa membantu meredakan depresi dan kecemasan.

Baca juga: Inilah Manfaat Memijat Bayi dengan Minyak Zaitun

5. Meredakan Sakit Kepala

Menurut sebuah penilitian yang dilakukan di Denmark, memijat kaki bisa meredakan sakit kepala dan migrain. Dari penelitian tersebut ditemukan bahwa 65% orang yang ikut serta dalam penelitian mengalami penurunan gejala sakit kepala, sementara sisanya mengaku bahwa sakit kepala dan migrain yang dialami sembuh.

Baca Juga :  Manfaat Daun Singkong untuk Kesehatan

6. Menurunkan Tekanan Darah

Tekanan darah tinggi atau hipertensi merupakan penyakit kronis yang umum. Beberapa penyebab hipertensi diantaranya stres dan diet yang tidak sehat. Salah satu manfaat memijat kaki adalah menurunkan tekanan darah. Cobalah memijat kaki selama 10 menit, dan lakukan tiga kali dalam seminggu. Cara ini bisa mebantu meningkatkan suasana hati yang baik, mengurangi kecemasan, dan menurunkan tekanan darah tinggi.

7. Meredakan Gejala PMS dan Menopause

Gejala umum menstruasi atau PMS diantaranya perasaan sedih dan tidak bahagia, mudah tersinggung, cemas, tegang, susah tidur, kelelahan, sakit kepala dan perubahan mood. Wanita yang memasuk masa menopause juga banyak yang mengalami gejala-gejala tersebut. Nah, sebagian besar dari gejala tersebut bisa diatasi dengan memijat kaki setiap hari.

8. Mengurangi Efek Edema pada Ibu hamil

Edema adalah pembengkakan di area kaki karena retensi cairan. Kondisi ini cukup sering terjadi pada ibu hamil, khususnya pada trimester terakhir. Nah, salah satu cara untuk mengatasi kondisi ini adalah dengan memijat kaki dan istirahat yang cukup. (UH)

Baca juga: Inilah Jenis Minyak yang Aman untuk Memijat Bayi!

Sumber:

Lifehack. Unexpected Benefits Of Foot Massage That Make You Want To Have One Now.
WebMD. Health Benefits of a Foot Massage.

Comment