by

Manfaat Daun Singkong untuk Kesehatan

Banyak orang yang membatasi konsumsi singkong karena kandungan kalorinya. Namun ternyata, daun singkong sangat banyak memiliki manfaat kesehatan. Daun singking mengandung banyak vitamin, protein, mineral, dan asam amino yang penting untuk kesehatan tubuh.

Protein yang terkandung di dalam daun singkong membantu membentuk sel-sel tubuh dan sistem enzim. Asam amino membantu meningkatkan energi, mempercepat pemulihan luka, serta meningkatkan memori, kesehatan tulang, dan sistem metabolisme tubuh.

Sementara itu, klorofil yang terkandung di dalam daun singkong bertindak sebagai antioksidan. Untuk tahu lebih banyak lagi manfaat kesehatan daun singkong, bacalah penjelasan berikut ini!

Baca juga: 5 Manfaat Kembang Kol untuk si Kecil

Manfaat Kesehatan Daun Singkong

Daun singkong kaya akan manfaat kesehatan. Berikut beragam manfaat kesehatan daun singkong tersebut:

1. Baik untuk Ibu Hamil

Karena memiliki kandungan zat besi yang tinggi, konsumsi daun singkong dapat membantu mencegah anemia pada ibu hamil. Daun singkong juga kaya akan folat dan vitamin C. Keduanya juga termasuk nutrisi yang penting selama kehamilan.

2. Membantu Menyembuhkan Kwashiorkor

Kwashiorkor adalah penyakit yang disebabkan oleh kekurangan protein. Daun singkong kaya akan protein lisin yang bisa membantu melawan kondisi kekurangan protein. Oleh sebab itu, salah satu manfaat kesehatan daun singkong adalah membantu menyembuhkan kwashiorkor.

3. Meredakan Demam dan Sakit Kepala

Salah satu manfaat daun singkong untuk kesehatan adalah meredakan demam dan sakit kepala. Tumbuk halus tiga lembar daun singkong. Tempelkan daun singkong yang sudah dihaluskan tersebut di kening dan biarkan beberapa saat hingga rasa sakitnya mereda. Kemudian, bersihkan kening menggunakan air hangat.

4. Mengobati Diare

Daun singkong juga bisa membantu mengobati diare. Rebus tujuh daun singkong di dalam empat cangkir air. Kemudian, minumlah air rebusan tersebut dua kali sehari untuk membantu menyembuhkan diare.

BACA JUGA:  4 Jenis Orang Introvet. Kamu Tipe Introvert yang Mana?

5. Mengobati Penglihatan Buram

Manfaat daun singkong untuk kesehatan yang lain adalah meredakan penglihatan buram. Untuk mengobati penglihatan yang buram, daun singkong direbus dengan bawang putih dan garam. Setelah itu, Kamu bisa memakannya dengan nasi. Konsumsi daun singkong sehari-hari juga bisa membantu mengobati penglihatan buram.

6. Meningkatkan Nafsu Makan

Daun singkong juga bisa membantu meningkatkan nafsu makan. Rebuslah daun singkong dengan bawang putih dan garam, kemudian makanlah daun singkongnya dengan nasi. Cara ini bisa membantu meningkatkan nafsu makan.

7. Mengobati Artritis

Salah satu manfaat daun singkong untuk kesehatan adalah membantu mengobati artritis. Rebuslah 100 gram batang daun singkong dengan 15 gram jahe, satu batang serai, dan 1 liter air. Kemudian, minumlah air rebusannya dalam batas aman.

8. Membantu Mengobati Stroke

Salah satu penelitian menunjukkan bahwa daun singkong bisa membantu mengobati stroke. Hal ini diduga karena daun singkong mengandung isoflavon, yang merupakan salah satu jenis flavonoid. Flavonoid merupakan sejenis antioksidan.

9. Membantu Mengobat Penyakit Rematik

Daun singkong kaya akan magnesium yang bisa menurunkan tekanan darah dan menurunkan risiko penyakit rematik. Kamu bisa merebus 150 gram daun singkong dengan 15 gram akar jahe, serai, dan garam. Mengonsumsi air rebusan ini sehari-hari bisa membantu mencegah penyakit rematik.

10. Membantu Memulihkan Luka

Daun singkong kaya akan banyak nutrisi yang bisa membantu mempercepat proses pemulihan luka. Coba campurkan sedikit daun singkong yang sudah dihaluskan ke gel lidah buaya. Kemudian aplikasikan di luka yang ada di kulit.

11. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Daun singkong kaya akan vitamin C dan folat yang bisa membantu meningkatkan sistem imun. Vitamin C membantu melawan bakteri dan virus. Daun singkong juga membantu menjaga kesehatan tulang. Antioksidan berfungsi melawan radikal bebas di dalam tubuh. Sementara itu, folat membantu meningkatkan produksi sel.

BACA JUGA:  5 Jenis Perubahan Kulit saat Hamil
Baca juga: Manfaat Makan Brokoli dan Tomat Bersamaan

Penjelasan di atas merupakan banyak manfaat daun singkong untuk kesehatan. Geng Sehat bisa mengonsumsi daun singkong dalam batas yang aman untuk membantu meningkatkan kesehatan.

Namun, Geng Sehat sebaiknya berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk mengonsumsi daun singkong secar rutin, khususnya untuk menyembuhkan suatu penyakit. Janganlah menjadikan daun singkong sebagai pengobatan utama untuk menyembuhkan suatu penyakit. Sebaiknya, jalani pengobatan sesuai instruksi dokter. (UH)

Baca juga: Cinnamon, Si Manis Yang Banyak Manfaatnya

Sumber:

Health Benefits. Cassava Leaf.
Bandingin. Health Benefits You Can Gain From Cassava. April 2019.

Comment