by

Pramuwisata dan Kewirausahaan Pemuda Sah Jadi Perda, Ini Kata Suriansyah

KalbarOnline, Pontianak – Wakil Ketua DPRD Kalbar, Suriansyah menyambut positif dengan disahkannya Raperda Pramuwisata dan Kewirausahaan Pemuda menjadi Perda (Peraturan Daerah).

Perda Pramuwisata, kata dia, sangat berperan besar dalam menunjang kegiatan pariwisata di Kalbar agar dapat berjalan tertib.

“Ini dimaksud untuk menunjang kegiatan pariwisata di daerah, karena peran pramuwisata dalam menunjang pariwisata sangat besar dan itu harus diatur sehingga bisa berjalan dengan tertib dalam artian bisa melindungi wisatawan yang didampingi supaya tidak dikecewakan misalnya mengenai tarif, tata tertib dan sebagainya,” ujarnya saat diwawancarai usai rapat paripurna pembahasan kedua raperda tersebut dengan agenda penyampaian Pendapat Akhir Gubernur yang dilangsungkan di Ruang Balairungsari DPRD Kalbar, Senin (20/1/2020).

Politisi Gerindra ini berpendapat, dengan adanya perda pramuwisata ini juga, tentu para pemandu wisata ke depannya harus memiliki sertifikasi dan penunjukkan resmi agar tak serampangan nantinya.

“Tentu pemandu wisata ini harus ada sertifikasi, ada penunjukan resmi, karena kalau tidak demikian bisa liar, nanti semuanya merasa berhak sekalipun tanpa kompetensi yang sesuai. Pramuwisata harus mendapat sertifikat kompetensi dari lembaga berwenang supaya memiliki kompetensi yang sesuai,” tukasnya.

Dirinya turut menanggapi Raperda Kewirausahaan Pemuda yang telah disahkan menjadi Perda. Perda ini, kata dia, dimaksudkan agar Pemerintah Daerah memiliki tanggung jawab untuk membina kegiata kewirausahaan para pemuda.

“Ini supaya Pemda punya tanggung jawab untuk membina kegiatan kewirausahaan pemuda. Pembinaan itu kan meliputi, mempermudah atau memberikan rekomendasi pinjaman modal ke bank milik pemerintah, kemudahan perizinan dan lain-lain, supaya pemuda-pemuda kita berkesempatan membuka lapangan kerja dan sebagainya atau memiliki peluang yang lebih baik. Atau ada bidang-bidang tertentu nanti yang bisa diarahkan kepada pemuda, dengan harapan pemuda kita (Kalbar) dapat bersaing,” tandasnya. (Fai)

Comment

News Feed