Pimpin Sidak Pasca Libur Idul Fitri, Sekda Sintang : 95 Persen Pegawai Hadir

Sekda Sintang, Yosepha Hasnah didampingi sejumlah pejabat saat melakukan sidak pasca cuti Idul Fitri
Sekda Sintang, Yosepha Hasnah didampingi sejumlah pejabat saat melakukan sidak pasca cuti Idul Fitri (Foto: */Sg)

Pastikan tak ada pegawai mangkir tanpa keterangan

KalbarOnline, Sintang – Sekretaris Daerah Kabupaten Sintang, Dra. Yosepha Hasnah, M.Si mengaku puas atas tingkat kehadiran dan kepatuhan para ASN Sintang pasca cuti Idul Fitri 1440 Hijriah. Hal itu disampaikan Sekda Yosepha saat memimpin langsung inspeksi mendadak (sidak) terhadap sejumlah kantor pelayanan masyarakat di bawah naungan Pemerintah Kabupaten Sintang, Senin (10/6/2019).

Dirinya mengapresiasi kepatuhan para ASN Sintang dan turut memuji para pimpinan OPD yang telah mengingatkan para pegawai untuk berlaku disiplin.

“Kami sudah sidak di lima SPPD dan akan melanjutkan ke dua SPPD yang ada di kecamatan, yaitu di Kantor Camat Kelam Permai dan di Puskesmas Kebong. Hasil sidak, memang luar biasa, saya mengucapkan terima kasih kepada seluruh kepala OPD yang telah berhasil mengingatkan kepada pegawainya untuk masuk usai libur lebaran,” ujarnya.

“Mengingat liburan yang cukup panjang, ada kekhawatiran kalau ada yang masih memperpanjang cuti. Namun dari tingkat kehadiran yang kami dapatkan terlihat bahwa hampir 95 persen para pegawai itu hadir. Ada beberapa pegawai yang tidak hadir pada hari ini, itu sudah izin, ada yang masih sakit ada juga yang masih dalam masa berkabung,” timpalnya.

Sejauh ini, dipastikan Yosepha, tidak ada pegawai di lingkungan Pemerintah Kabupaten Sintang yang tidak hadir atau mangkir tanpa keterangan.

“Sejauh ini tidak ada pegawai yang tidak hadir tanpa keterangan. Sekali lagi kami ucapkan terima kasih ASN Sintang telah melaksanakan imbauan dari Kemenpan-RB ini,” pungkasnya.

Sementara Kepala BKPSDM Sintang, Palentinus menegaskan bahwa sidak tersebut merupakan evaluasi atas kinerja pegawai dengan melihat langsung sejauhmana pegawai di lingkungan Pemerintah Kabupaten Sintang mematuhi aturan kepegawaian.

“Adanya edaran dari Kemenpan-RB setiap tahun kita harus selalu melakukan inspeksi. Ini merupakan evaluasi bagi kita atas kinerja pegawai pegawai kita. Dengan melihat secara langsung seperti ini kita menjadi tahu sejauhmana pegawai kita mematuhi aturan kepegawaian yang ada,” urainya.

“Dari hasil pantauan yang sudah kita lakukan, tingkat kehadiran pegawainya sudah sangat baik. Dari tahun ke tahun terlihat adanya peningkatan kesadaran para pegawai untuk hadir pada hari pertama kerja usai liburan,” tutur Palen.

Dalam kesempatan itu, Sekda Sintang didampingi Asisten Sekretariat Daerah Sintang Bidang Ekonomi dan Pembangunan, Henri Harahap, Asisten Sekretariat Daerah Sintang Bidang Administrasi Umum, Marchues Afen, Kepala Dinas Perhubungan, Drs. Hatta, M.Si, Inspektur Kabupaten Sintang, A. Biong, Kepala Disperindagkop, Sudirman dan Kasatpol PP Sintang, Martin Landung.

Turut hadir pula sejumlah pejabat perwakilan dari berbagai Organisasi Perangkat Daerah di lingkungan Pemerintah Kabupaten Sintang. (*/Sg)

Tinggalkan Komentar