Bersama BPOM, TPID Sanggau Pantau Produk dan Stabilitas Harga Pangan dan Sembako

KalbarOnline, Sanggau – Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) bersama Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Kabupaten Sanggau kembali melakukan pemantauan sejumlah harga kebutuhan pangan dan sembako di sejumlah warung serta toko yang ada di Pasar Sanggau, Jumat (10/5/2019) lalu.

Pemantauan yang dilakukan ini guna memastikan kebutuhan produk pangan yang aman bagi masyarakat, serta menjamin ketersediaan bahan pokok makanan dan memantau stabilitas harga sembako menghadapi bulan suci Ramadhan dan Idul Fitri 1440 Hijriah.

Baca Juga :  100 Anggota Banser se-Kalbar Siap Digembleng Jadi Pamen

Dalam kesempatan itu, petugas gabungan menemukan masih banyak produk pangan yang dijual ternyata telah kadaluarsa. Sehingga produk tak layak konsumsi tersebut kemudian dimusnahkan di lokasi bersama pemilik toko.

Sedangkan sebagian diamankan untuk diambil sampel oleh pihak Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

“Kita melakukan sidak ke sejumlah toko dan warung, dan kita temukan banyak sekali makanan dan minuman serta obat- obatan yang tak memiliki izin edar dan sudah ladaluarsa, ya terpaksa kita musnahkan agar tidak disalahgunakan lagi,” ungkap Dwiyanto, Kabid Perdagangan.

Baca Juga :  O2SN dan FLS2N Kecamatan Tayan Hulu Resmi Dibuka, Wabup: Awasi dan Jaga Anak Jangan Sampai Terjerumus Hal Negatif

“Ini kita lakukan sebagai bentuk kesiapan pemerintah dalam menghadapi bulan suci Ramadhan dengan melihat kenaikan harga sayuran di pasar yang memang tidak terlalu signifikan. Kemudian di mana pemerintah daerah harus memastikan kebutuhan masyarakat aman, tidak hanya dari segi ketersediaan stok jelang lebaran namun juga harus memperhatikan segi kesehatan dan keamanan bagi masyarakat,” timpalnya.

Selama bulan suci Ramadhan, Pemerintah Kabupaten Sanggau masih akan melakukan pemantauan ke sejumlah pasar Ramadhan yang menjual makanan berbuka puasa atau takjil. (WWP)

Comment