100 Anggota Banser se-Kalbar Siap Digembleng Jadi Pamen

Citizen Jurnalis

Tohidin

KalbarOnline, Sanggau – 100 Anggota Banser dari seluruh Kabupaten/Kota seluruh Kalbar berkumpul di Sanggau Permai, Sanggau Kapuas, Kabupaten Sanggau, Kalbar, Kamis (23/8/2018).

Kedatangan pasukan yang dikenal dengan sebutan TNU (Tentara Nahdlatul Ulama) ini dalam rangka mengikuti rangkaian program pengkaderan pimpinan wilayah Kalimantan Barat, yang dilaksanakan oleh satuan koordinasi wilayah Kalbar.

Sebagai organisasi semi otonom, Banser memikiki jenjang pengkaderan yang terstruktur rapi dan periodik, pendidikan dasar dilaksanakan dalam bentuk diklatsar, adalah masa perekrutan anggota baru, selanjutnya anggota yang lulus pendidikan dasar dan aktif dalam oraganisasi minimal 6 bulan, diberi kesempatan dalam jumlah terbatas dalam kursus Banser lanjutan atau Susbalan.

“Susbalan ini dilasaksanakan untuk meningkatkan kapasitas kepemimpinan, skill dan militansi pasukan dimana siswa yang lulus akan naik menjadi semacam Pamen (perwira menengah) dan diprioritaskan untuk para calon pemimpin di satuan masing – masing,” ungkap Perisai Yogi, Wakil Kepala Satuan Koordinasi Wilayah Banser Kalbar.

Ditemui terpisah Ketua Pimpinan Wilayah GP Ansor Kalbar, M Nurdin mengungkapkan bahwa kegiatan tersebut dihadiri dan dilatih langsung oleh pelatih nasional dari Satkornas Banser selama 4 hari sejak 23 Agustus hingga 26 Agustus 2018.

Pantauan dilapangan pada saat Pembukaan, turut dihadiri oleh Bupati Sanggau terpilih Paolus Hadi, TNI-Polri dan segenap jajaran kepengurusan OKP se-Kabupaten Sanggau. (*)

Tinggalkan Komentar