Puskesmas Sungai Awan Terakreditasi Madya

Syukuran akreditasi madya yang diraih Puskesmas Sungai Awan
Syukuran akreditasi madya yang diraih Puskesmas Sungai Awan (Foto: Adi LC)

Camat Muara Pawan tegaskan siap fasilitasi apapun keluhan warga terkait pelayanan kesehatan

KalbarOnline, Ketapang – Camat Muara Pawan, Maisier, SE meresmikan penggunaan Puskesmas Sungai Awan di Desa Sungai Awan Kiri, Kecamatan Muara Pawan, Kamis (7/3/2019) lalu. Bangunan baru tersebut diresmikan kembali penggunaanya sebagai sarana pelayanan kesehatan pasca dilakukan rehabilitasi terhadap bangunan lama.

Hal itu dilakukan, sejalan dengan upaya pencapaian program Indonesia sehat, yang merupakan program prioritas kesehatan nasional dengan meliputi peninggkatan kesehatan ibu dan anak, pencegahan dan pengendalian penyakit serta penguatan promotif dan preventif dengan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas), sehingga memerlukan sarana pelayanan kesehatan yang menunjang.

Dalam sambutannya, Camat Muara Pawan , Maisier SE mengapresiasi Puskesmas Sungai Awan yang berhasil meraih sebuah prestasi yaitu berhasil memperoleh Akreditasi Madya dari Kementerian Kesehatan RI. Hal ini, menurutnya tentu merupakan hasil dari kerja keras yang dilakukan oleh Kepala Puskemas timnya di Puskesmas Sungai Awan.

“Tentu hasil. kerja keras ini harus kita apresiasi bersama,” ujarnya.

Lebih lanjut, Maisier menyapaikan kalau Pemerintah Kecamatan akan selalu besernergi bersama Puskesmas atau pelayananan kesehatan di Kecamatan Muara Pawan dalam rangka untuk meningkatkan pelayanan kesehatan bagi masyarakat.

“Fasilitas kesehatan juga harus tetap kita perhatikan. Pada Musrenbang lalu juga sudah ada usulan kepada pemerintah daerah untuk perbaikan fasilitas kesehatan lainya, seperti Pustu Posyandu dan lainnya. Kami berharap agar usulan tersebut dapat direaslisasikan oleh Pemda Ketapang melalui Dinas terkait,” ungkapnya.

Maisier menambahkan, kalau pihaknya juga berterima kasih kepada Pemda Ketapang yang melalui Dinas terkait telah aktif dalam upaya pencegahan teehadap penaganan stanting dan gizi buruk di Desa Ulak Medang. Ia berharap ke depan tidak ada lagi ditemukan kasus stanting dan gizi buruk di Kecamatan Muara Pawan.

“Saya harap warga lapor kepada Kepala Desa atau pak RT dan RW maupun langsung ke Camat, apabila terdapat kesulitan dalam hal ekonomi maupun kesulitan mendapatkan pelayanan kesehatan. Kami akan menfasilitasi apapun yang di keluhkan warga Kecamatan Muara Pawan,” tandasnya.

Sementara Kepala Puskesmas Sungai Awan, Paino mengatakan kalau pihaknya bersyukur karena Puskesmas Sungai Awan telah mendapat akreditasi Madya dan sudah dapat melaksanakan rehabilitasi bangunan Puskesmas yang lama, sehingga dapat menunjang pemberian layanan bagi warga.

“Kami sampaikan terima kasih kepada Pemerintah Kecamatan dan Pemerinta Daerah atas perhatiannya dalam membangun fasilitas kesehatab di kecamatan muara pawan,” ujarnya.

Selain itu, Paino juga berharap adanya dukungan yang datang dari pihak Pemda maupun perusahaan melalui dana program Corporate Social Responsibility (CSR) untuk meningkatkan perlengkapan dan sarana kesehatan di Puskesmas Sungai Awan.

“Kami masih perlu dukungan baik dari pihak Pemda Ketapang melalui Dinas Kesehatan maupun perusahaan, untuk kegiatan di tahun 2019 mendatang. Tak lupa saya ucapkan terima kasih kepada tim puskesmas yang sudah bekerja keras sehingga puskesmas Sungai Awan dapat akreditasi Madya,” pungkasnya. (Adi LC)

Tinggalkan Komentar