Karnaval Kebangsaan Millenial Ala Indonesia Bersuara Kalimantan Barat

KalbarOnline, Pontianak – Indonesia Bersuara Kalbar menggelar Karnaval Kebangsaan Milenial Kalimantan Barat, Sabtu (23/2/2019). Karnaval yang sengaja digelar dalam rangka meningkatkan kecintaan kaum milenial terhadap bangsa ini dipusatkan di sejumlah ruas jalan di Kota Pontianak.

Karnaval yang dikemas dengan melakukan konvoi ini dimulai dari Bundaran Digulis menuju Jalan Sutoyo – Jalan M. Sohor – Jalan Sultan Abdurrahman – Jalan Ahmad Yani, kemudian kembali ke Bundaran Digulis. Di sepanjang jalan, ratusan peserta tampak bersemangat dengan menyanyikan lagu-lagu nasional seraya mengibarkan bendera merah putih.

Ketua Umum Indonesia Bersuara Kalbar, Najib Amrullah mengatakan bahwa generasi milenial di Indonesia yang saat ini jumlahnya mencapai 34,45 persen dari seluruh penduduk Indonesia, harus menunjukkan jati dirinya sebagai bangsa yang bermartabat. Satu di antara cara yang bisa dilakukan, kata Najib, ialah dengan menaati peraturan lalu lintas.

Baca Juga :  Di Tengah Pandemi, Aming Coffee Lebarkan Sayap Buka Cabang ke-16 di Siantan

“Karnaval Kebangsaan Milenial Kalimantan Barat ini sengaja kita gelar supaya generasi millenial yang saat ini jumlahnya mencapai 34,45 persen penduduk Indonesia tahu jati dirinya sebagai bangsa Indonesia dan mereka tahu nilai-nilai kebangsaan,” ujarnya saat dikonfirmasi.

Najib menerangkan bahwa kegiatan tersebut diikuti oleh sekitar 743 peserta. Berdasarkan jumlah peserta yang terdaftar, lanjutnya, para peserta tersebut didominasi oleh kalangan mahasiswa dan siswa SMA di Kota Pontianak dan sekitarnya.

“Ada puluhan sekolah SMA sederajat di Pontianak yang kita undang. Alhamdulillah partisipasi mereka cukup meriah. Barang kali kalau dihitung sepertiga dari seluruh peserta merupakan siswa SMA,” terangnya.

Baca Juga :  Pontianak Dapat Pelatihan Adaptasi dan Mitigasi Bencana dari GCoM

Sementara Kapolresta Pontianak, Kombes Pol Muhammad Anwar Nasir yang membuka secara resmi kegiatan tersebut mengapresiasi kegiatan yang digelar Indonesia Bersuara Kalbar. Anwar berujar acara ini merupakan momen yang tepat untuk menjadikan generasi milenial sebagai pelopor keselamatan berlalu lintas.

“Saya sangat mengapresiasi kegiatan Karnaval Kebangsaan Milenial Kalimantan Barat yang digelar Indonesia Bersuara Kalbar. Ini untuk kepentingan yang lebih besar yakni kemajuan bangsa Indonesia. Kegiatan ini juga momen yang pas untuk mengajak milenial jadi pelopor keselamatan berlalu lintas,” tuturnya.

Di kesempatan itu, Anwar turut mengingatkan para peserta konvoi untuk selalu menggunakan helm berlabel SNI. Selain itu, peserta juga diingatkannya untuk mengancingkan helm sebelum berkendara.

“Bukan helm kaleng-kaleng, tapi yang SNI. Jangan lupa dikancingkan,” ujarnya. Kegiatan yang dimulai pukul 16.00 WIB ini pun diakhiri dengan orasi kebangsaan dan pernyataan sikap yang berisikan seruan untuk menjaga persatuan dan kesatuan bangsa. (Fai)

Comment