Indonesia Bersuara Kalbar Gelar Aksi Damai : Ajak Milenial Sukseskan Pemillu 2019

KalbarOnline, Pontianak – Ratusan muda mudi yang tergabung dalam organisasi Indonesia Bersuara Kalbar menggelar aksi damai di Bundaran Digulis Pontianak, Sabtu (23/2/2019) kemarin. Aksi para kaum milenial ini dilakukan dalam rangka menyikapi isu-isu terkini yang berpotensi menimbulkan perpecahan di tengah masyarakat.

Koordinator aksi Adi Afrianto mengatakan aksi damai ini merupakan bentuk kepedulian kaum milenial Kalimantan Barat terhadap kondisi kebangsaan. Selain itu, aksi ini juga ditujukan untuk mengajak generasi milenial memerangi berita bohong dan ujaran kebencian.

“Sebagai generasi milenial, kami merasa terpanggil untuk menyikapi isu-isu terkini yang dapat memecah belah masyarakat. Aksi ini kami lakukan karena kami peduli dengan kondisi kebangsaan. Sebagai generasi milenial, pada kesempatan ini kami juga mengajak supaya kita semua dapat memerangi hoaks dan ujaran kebencian,” ucap Adi saat ditemui di sela-sela aksi.

Baca Juga :  Di Tengah Pandemi, Aming Coffee Lebarkan Sayap Buka Cabang ke-16 di Siantan

Dalam aksi ini, lanjut Adi, pihaknya juga mengajak generasi milenial untuk menyukseskan pesta demokrasi yang tak lama lagi akan berlangsung. Hal itu ditujukan guna mendorong terciptanya demokrasi yang berkualitas.

“Kita juga tidak lupa mengajak generasi milenial untuk menyukseskan pesta demokrasi Pemilu dan Pilpres serentak 2019. Karena kita ketahui sendiri, peran generasi milenial ini cukup kuat demi terciptanya demokrasi yang lebih berkualitas,” ungkapnya.

Di aksi yang sama, Adi turut mengimbau generasi milenial Kalimantan Barat untuk berhati-hati dalam memilih pemimpin pada Pilpres 2019 mendatang. Dalam menentukan pilihan, kata Adi, faktor pengalaman memimpin hendaknya dijadikan pertimbangan oleh generasi milenial.

“Kita turut mengajak generasi milenial untuk berhati-hati dalam menentukan pilihan. Tentunya, kita sebagai generasi milenial tidak boleh mengesampingkan faktor pengalaman memimpin si pasangan calon,” tukasnya.

Baca Juga :  Merawat Keberagaman Budaya, Paguyuban Jawa Kalbar Ajak Semua Tokoh Jaga Silaturahmi

Aksi yang mendapat pengawalan dari aparat kepolisian ini pun ditutup dengam pembacaan pernyataan sikap. Adapun isi pernyataan sikap yang dibacakan peserta aksi sebagai berikut.

1. Kami kaum milenial Kalimantan Barat menginginkan pemimpin yang telah terbukti, teruji serta berpengalaman dalam melaksanakan program-program pembangunan di segala sektor, demi kesejahteraan masyarakat.

2. Kami kaum milenial Kalimantan Barat meminta kepada aparat keamanan untuk menangkap pelaku penyebaran hoaks dan penyebar ujaran kebencian yang berorientasi terhadap isu SARA menjelang pelaksanaan Pemilu 2019, demi terciptanya demokrasi Indonesia yang berkualitas dan bermartabat.

3. Meminta seluruh masyarakat Kalbar untuk tidak mudah terprovokasi oleh kegiatan yang dapat memecah belah kehidupan berbangsa dan bernegara.

4. Meminta seluruh elemen masyarakat dan aparat keamanan untuk mengawasi segala bentuk aktivitas yang bertentangan dengan nilai-nilai Pancasila dan UUD 1945.

5. Mengajak seluruh pemuda Kalimantan Barat untuk menyukseskan pesta demokrasi yang jujur, adil dan berkualitas. (Fai)

Comment