Panen Raya di Menyabo, Paolus Hadi ke Petani : Jangan Tergantung Dengan Satu Jenis Tanaman

KalbarOnline, Sanggau – Bupati Sanggau, Paolus Hadi mengunjungi dan bertemu para petani cabai Kelompok Tani Flamboyan di Desa Menyabo, Kecamatan Tayan Hulu, Kamis (21/2/2019) kemarin.

Pada kesempatan itu, Bupati melihat dan meninjau langsung hasil panen raya cabai tersebut.

Dalam arahannya kepada kelompok tani di Menyabo ini, Bupati Paolus menyampaikan agar petani Sanggau menghindari teknik monokultur. Karena, lanjut dia, hal tersebut sangat tidak baik pengaruhnya untuk perkembangan pertanian dan bisa berpengaruh pada pangsa pasar. Bupati menekankan agar petani dapat menerapkan multikultur.

Baca Juga :  Mobil Rombongan Santri Alami Kecelakaan Tunggal di Semuntai: Lima Meninggal Dunia

Bupati juga sangat mengapresiasi antusias para kelompok tani. Menurutnya poktan layak dijadikan contoh karena kelompok tani ini secara tak langsung dianggap mampu menciptakan lapangan kerja untuk masyarakat di Desa Menyabo.

“Kebanyakan para petani kita cenderung ikut-ikutan, misalnya kalau harga sahang mahal, banyak yang tanam sahang, harga sawit mahal, ikut juga tanam sawit. Pesan saya janganlah tergantung dengan satu jenis tanaman saja. Macet satu, masih ada yang lain,” jelas Paolus Hadi.

Baca Juga :  Buka RAT CU Lantang Tipo, Ini pesan Bupati Sanggau

Ia juga berharap kepada Kepala Desa agar mendata warga yang ada di Desa Menyabo sehingga bisa mengajak warganya yang benar-benar mau bekerja untuk menanam cabai dan merawatnya sehingga masyarakat Menyabo dan masyarakat di Kabupaten Sanggau dapat menikmati hasil dari menanam cabai tersebut.

“Mari kita dukung masyarakat yang mau bekerja, melalui Dinas Pertanian, pemerintah siap membantu mengatasi apa yang menjadi kendala dan kekurangan demi kelancaran dan kesuksesan para petani. Tetap semangat dan bekerjalah secara ikhlas sehingga mendapatkan hasil yang bagus,” pungkasnya. (WWP)

Comment