Tutup Sintang Expo 2018, Bupati Jarot: Kedepan Harus Lebih Kreatif Lagi

Tutup Sintang Expo 2018, Bupati Jarot: Kedepan Harus Lebih Kreatif Lagi
Bupati Sintang, Jarot Winarno memberikan arahannya saat menutup rangkaian kegiatan Sintang Expo 2018 (Foto: */Sg)

KalbarOnline, Sintang – Bupati Sintang, Jarot Winarno secara resmi menutup pameran pembangunan dan Sintang expo 2018 di Kompleks Stadion Baning, Sabtu malam (8/9/2018).

Dengan ditutupnya acara tersebut, maka sekaligus pimpinan tertinggi daerah Kabupaten Sintang itu menutup rangkaian acara dan lomba dalam rangka peringatan HUT RI ke-73 di Kabupaten Sintang tahun 2018 yang ditandai dengan pemukulan gong sebanyak tujuh kali sebagai simbol penutupan.

Penutupan ini juga berlangsung dengan sangat meriah. Selain penyerahan hadiah kepada para pemenang lomba, di panggung utama digelar penampilan dari artis ibukota, Duo Serigala.

Menjelang pukul 19.00 wib, rombongan Bupati belum juga hadir di depan panggung utama. Sekitar 30 menit berselang, rombongan dapat mencapai panggung dari jalan masuk di depan SMAN 3 Sintang.

Ribuan masyarakat telah memadati kompleks Stadion Baning Sintang sejak sore hari. Meski sebelumnya sempat hujan, namun tak menyurutkan antusias masyarakat untuk menikmati hiburan di akhir pekan awal September itu.

“Saya senang dan bangga, rangkaian kegiatan ini bisa berlangsung dengan tertib dan aman, sesuai dengan harapan dan rencana kita semua,” ujar Bupati Jarot.

“Tahun ini Indonesia mengusung tema kerja kita, prestasi bangsa pada perayaan HUT Kemerdekaan ke-73 ini, dari Expo yang kita lihat sejak tanggal 25 Agustus lalu ini, memperlihatkan kepada kita pencapaian-pencapaian bersama kita dalam membangun Sintang,” tambahnya.

“Kedepan, saya minta untuk kita semua semakin meningkatkan kualitas dari kegiatan ini. Isi dan cara penyajiannya harus semakin baik, semakin kreatif dan semakin berdampak pada penguatan ekomomi kerakyatan kita yang berbabasis keunggulan lokal,” sambungnya.

Sementara Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Sintang, Sudiyanto mewakili panitia penyelenggara menyampaikan laporan atas pelaksanaan kegiatan PPSE 2018.

“Pameran pembangunan dan Sintang Expo ini menyajikan informasi dan visualisasi hasil kegiatan pembangunan yang terjadi di Kabupaten Sintang selama ini. kita menampilkan juga hasil produk-produk unggulan UMKM yang ada, media pemasaran bagi para pelaku usaha yang ada, juga kita mau menyajikan hiburan bagi masyarakat,” tukasnya.

Dinas Pertanian dan Perkebunan Kabupaten Sintang kembali memperoleh penghargaan sebagai stan terbaik pada Sintang Expo tahun 2018. Panitia memperkirakan jumlah perputaran uang selama kegiatan yang berlangsung selama 15 hari itu diperkirakan mencapai Rp21 miliar. Sebanyak 216 peserta stan berpartisipasi, mulai dari instansi hingga para pedagang hamparan.

Kunjungan rata-rata di arena expo perhari kurang lebih 750 orang dan di hari libur mencapai 1.500 orang. Pengunjung yang dating tidak hanya dari Sintang semata, ada pula dari Melawi, Sekadau, Kapuas Hulu dan beberapa daerah lain di luar Sintang.

“Sintang expo ini menjadi sarana sosialisasi bagi instansi pemerintah daerah yang melakukan pelayanan langsung kepada masyarakat. Mulai dari Dinas Dukcapil buka layanan akta kelahiran dan e-KTP, lalu ada layanan perijinan oleh DPMTSP,” imbuhnya.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Wakil Ketua DPRD Sintang, Terry Ibrahim, Dandim 1205, Letkol Inf. Rachmat Basuki, Kapolres Sintang, AKBP Sudarmin dan sejumlah pimpinan Forkopimda serta OPD di lingkungan Pemerintah Daerah Kabupaten Sintang. (*/Sg)

Tinggalkan Komentar