Pasukan Merah Suguhkan Aktrasi Dalam Gawai Dayak VI Manis Mata

KalbarOnline, Ketapang – Gawai Dayak juga merupakan acara tahunan di setiap kecamatan di kabupaten Ketapang tak terkecuali Kecamatan Manis Mata yang dipusatkan di Desa Asam Besar Gawai Dayak ke VI ini berlangsung meriah, penuh hiburan dan aktrasi yang disajikan panitia penyelenggara, Kamis (30/8/2018).

Dalam pelaksanaannya, Pasukan Merah wajib hukumnya untuk disiagakan menjaga dan mengamankan selama gawai berlangsung. Selain mengamankan gawai, mereka juga menyuguhkan aktrasi yang menegangkan.

Pimpinan Pasukan Merah Panglima Jilah (Panglima Lidah) mengatakan bahwa untuk gawai kali ini di Kecamatan Manis Mata sudah mulai berkembang dan ada kemajuan walaupun belum masuk ke inti-inti acra sakral Gawai itu sendiri.

“Saya liat perkembangan adat di Manis Mata dengan diadakannya gawai sudah mulai berkembang tapi belum masuk ke inti-intinya ini hanya seremonial saja,” tuturnya.

Ia juga juga berharap pada masyarakat Manis Mata khususnya masyarakat Ketapang untuk menjunjung tinggi nilai-nilai adat dan budaya sehingga bisa dikenal di lapisan masyarakat bahkan dunia.

“Harapan saya seluruh masyarakat Manis Mata khususnya masyarakat Ketapang untuk menjunjung tinggi nilai-nilai adat, tradisi, budaya, dan seni sehingga kita bisa dikenal seluruh lapisan masyarakat bahkan dunia,” tutupnya. (Goda)

Tinggalkan Komentar