Semarakan HUT Pramuka dan HUT RI, Kwarran Air Sugihan OKI Gelar Perkemahan

KalbarOnline, OKI – Perkemahan Kwartir Ranting (Kwarran) Gerakan Pramuka Kecamatan Air Sugihan, Kabupaten Ogan Komering Ilir menggelar acara rutinitas tahunan perkemahan tingkat Kecamatan yang dilaksanakan di Bumi Perkemahan bersebelahan dengan lapangan sepak bola SMAN 1 Air Sugihan. Perkemahan ini digelar selama empat hari sejak Rabu 15 Agustus hingga Sabtu 18 Agustus 2018 dengan jumlah 1200 peserta dari tingkat SD dan SMP.

Perkemahan tersebut dilaksanakan dalam rangka merayakan Hari Ulang Tahun Pramuka ke-57, yang juga dirangkaikan dengan perayaan HUT RI ke-73, acara itupun diwarnai dengan beberapa ajang kompetisi acara dalam rangka menyemarakkan perkemahan tersebut.

Kegiatan yang sudah menjadi agenda rutinitas tahunan, tampil berbeda pada perkemahan tahun sebelumnya karena pada tahun 2018 ini, Kwarran berupaya meningkatkan motivitas para pelajar di tingkat penggalang khususnya di Kecamatan Air Sugihan.

Sekretaris Kwarran, Suwoko, S.Pd mengatakan kegiatan ini hanya bagian dari perayaan HUT Pramuka, yang sudah menjadi agenda rutinitas tahunan.

“Ini sudah menjadi agenda rutinitas tahunan yang dilaksanakan dalam rangka perayaan HUT Pramuka, nah karena kegiatan itu bertepatan dengan HUT RI maka kami ikutkan untuk sekaligus dirangkaikan,” ujarnya.

Untuk menyemarakkan kegiatan kemah ada empat paket cabang perlombaan ini antara lain seperti paket 1 (MTQ, Hafidz, pengetahuan pramuka, tata boga dari ubi, teknologi tepat guna, barang bekas dan pionering), paket 2 (harah lintang dan permainan persaudaraan), paket 3 (penjelajahan dan PBB) dan paket 4 (pentas seni budaya, senam pramuka dan kebersihan tenda).

Setelah menyelesaikan lomba kegiatan, para peserta kemah dan panitia langsung menyiapkan kegiatan pengabdian kepada masyrakat yaitu dengan bakti sosial di tempat umum seperti Masjid, perkantoran dan sebagainya.

“Dari kegiatan ini, kita dapat mengambil pelajaran bahwa kemerdekaan haruslah bisa dinikmati semua orang dan disitulah semangat berbagi harus ditumbuhkan. Sesuai dengan slogan Pak Jokowi semangat ‘Ayo Kerja’ kita semua diajak untuk siap dan setia memberikan apa yang menjadi tanggung jawab, serta bakti kita sebagai warga negara yang baik serta pribadi yang mau berterima kasih khususnya kepada para pejuang kemerdekaan. Semoga semua itu dimulai dari hal yang kecil-kecil termasuk bagaimana kita memaknai hari kemerdekaan bangsa tercinta ini,” tandas Suwoko. (RI/KO)

Tinggalkan Komentar