Pimpin Pelepasan Kontingen Lomba Pramuka ke Cibubur, Gubernur Ingatkan Disiplin Kunci Utama Berkompetisi

KalbarOnline, Pontianak – Gubernur Kalbar, Sutarmidji memimpin upacara pelepasan keberangkatan kontingen Provinsi Kalbar untuk mengikuti Lomba Tingkat V (lima) Regu Pramuka Penggalang Tahun 2023, di Pendopo Gubernur Kalbar, Kamis (15/06/2023).

Dalam amanatnya, Gubernur Kalbar berharap agar pramuka dapat bersinergi bersama pemerintah daerah agar lebih memahami dan up to date dalam tata kelola pemerintahan atau masalah yang dihadapi oleh pemerintah.

“Seperti misalnya masalah stunting, lambannya pertumbuhan IPM, itu semuanya ada di daerah-daerah. Kemudian bicara tentang kesehatan masyarakat, tentang kemiskinan, pramuka bisa mengambil peran yang sangat signifikan disini,” katanya.

Terkait lomba yang akan dihadapi, Gubernur Sutarmidji meminta para kontingen dari Kalbar untuk tetap disiplin. Hal ini karena disiplin adalah hal utama dalam berkompetisi maupun dalam kehidupan.

“Apapun yang adik-adik kuasai atau pahami, tanpa disiplin tidak akan bisa menjadi kekuatan dalam kompetisi, bukan hanya hal kemahiran melainkan disiplin,” ungkapnya.

Baca Juga :  Tujuh Balon Cagub Berebut Dukungan NasDem

Dalam karakteristik pramuka, Sutarmidji mengambil contoh dari negara Finlandia sebagai negara yang paling bahagia yang patut ditiru oleh seorang pramuka.

Penyerahan bendera kontingen oleh Gubernur Kalbar kepada Pimpinan Kontingen Daerah Kalbar. (Foto: Biro Adpim For KalbarOnline.com)
Penyerahan bendera kontingen oleh Gubernur Kalbar kepada Pimpinan Kontingen Daerah Kalbar. (Foto: Biro Adpim For KalbarOnline.com)

“Mereka hanya melakukan 3 (tiga) hal dan itu semua ada pada karakter seorang anggota pramuka. Yang pertama itu jangan mengambil barang milik orang lain, yang kedua tidak pamer barang atau sesuatu, yang ketiga jangan merusak alam,” sampainya.

“Nah itulah jiwa yang harus dipupuk, kalau itu sudah ada pada adik-adik, saya yakin kita ikut lomba apapun pasti akan berprestasi,” sambung Sutarmidji.

Diakhir amanatnya, gubernur yang juga Ketua Majelis Pembimbing Daerah Kalbar turut memberikan motivasi kepada para kontingen yang akan mengikuti lomba dan berharap para kontingen dapat menjaga kekompakan hingga meraih hasil yang baik untuk Kalbar.

Baca Juga :  Langkah Kartius – Pensong Terhenti di Pilgub Kalbar 2018, KPU: Syarat Dukungan Kurang

“Selamat berlomba, semoga di ajang LT-V 2023 ini kita bisa berprestasi dengan baik dan jaga kesehatan serta bertekadlah untuk memberikan yang terbaik untuk Kalimantan Barat yang kita cintai,” tutup Sutarmidji.

Upacara pelepasan ini dirangkaikan dengan penyerahan Bendera Kontingen oleh Gubernur Kalbar kepada Pimpinan Kontingen Daerah Kalbar dengan disaksikan Wakil Ketua Kwarda Kalbar, Windy Prihastari beserta para pengurus Kwarda Gerakan Pramuka Kalbar lainnya.

Sebagai informasi, perwakilan dari Kalbar adalah Gugus Depan Buya Hamka Pangkalan Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Pontianak yang menjadi pemenang regu berprestasi tinggi LT-IV tahun 2023 dan berhak mewakili Kwarda Kalbar dalam lomba regu V yang akan dilaksanakan pada tanggal 17 – 23 Juni 2023 di Bumi Perkemahan Pramuka Cibubur, Jakarta Timur. (Jau)

Cek Berita dan Artikel lainnya di Google News

Comment