Seluruh Rakyat Indonesia Harus Nikmati Hari Kemerdekaan Melalui Kegiatan Konstruktif dan Positif

HUT Republik Indonesia ke-73 (Foto: Ist)
HUT Republik Indonesia ke-73 (Foto: Ist)

KalbarOnline, Kapuas Hulu – Hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang diperingati setiap tanggal 17 Agustus oleh seluruh rakyat Indonesia, merupakan wujud syukur kepada Allah Tuhan Yang Maha Kuasa atas kemerdekaan yang sudah diraih Bangsa Indonesia.

Betapa tidak, jasa dan pengorbanan para pejuang kemerdekaan dahulu tanpa membedakan latar belakang suku agama maupun golongan untuk mengusir dan merebut Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dari tangan penjajah kolonial Belanda dan Jepang tahun 1945 silam sangatlah besar, yakni dengan berkorban nyawa, harta benda dan sebagainya.

Dengan dilandasi jiwa dan semangat patriotik untuk mempertahankan bangsa dan negara yang tercinta, akhirnya kemerdekaan berhasil kita rebut dan bendera merah putih berkibar seantero Bumi Nusantara ini, dan sudah sewajarnya kita tak patut melupakan sejarah.

Pada masa kemerdekaan ini, segenap komponen bangsa wajib untuk meneruskan dan mengisi kemerdekaan itu dengan berbagai sektor kegiatan pembangunan yang mencakup luas, seperti kegiatan Pemerintahan, pendidikan, kesehatan, olahraga, sosial, budaya, seni dan lainya, sehingga dengan adanya kegiatan untuk memeriahkan hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke 73 tahun ini, segenap rakyat Indonesia benar-benar merasakan esensi dari sebuah Kemerdekaan, bukan sebaliknya.

Terkadang masih ada rakyat yang harus diberikan kesempatan juga untuk merasakan dan menikmati esensi dari kemerdekaan itu.

Peran penting dari Pemerintah didalam mengakomodir kepentingan rakyat untuk merayakan, memeriahkan, menikmati dan meneruskan serta mengisi arti dari nilai-nilai kemerdekaan dengan berbagai kegiatan yang konstruktif serta kegiatan yang bernilai positif, juga begitu sangatlah penting dan strategis. Namun hal demikian kembali lagi kepada peran Pemerintah khususnya Pemerintah Kabupaten Kapuas Hulu.

Selamat Hari Kemerdekaan ke-73, Jayalah Negeriku, Jayalah Bangsaku.

Penulis : M. Ishak, SH (Ketua EO Uncak Production Kapuas Hulu)

Tinggalkan Komentar