Pesparawi Nasional XII di Pontianak, Kapolda: Bukti Kalbar Aman dan Kondusif

Kapolda Kalbar, Irjen Pol Didi Haryono, Memberikan Arahannya dalam Gelar Pasukan Pengamanan Pesparawi Nasional XII (Foto: Hms Polda Kalbar)
Kapolda Kalbar, Irjen Pol Didi Haryono, Memberikan Arahannya dalam Gelar Pasukan Pengamanan Pesparawi Nasional XII (Foto: Hms Polda Kalbar)

KalbarOnline, Pontianak – Kota Pontianak, Provinsi Kalimantan Barat menjadi tuan rumah penyelenggaraan Pesta Paduan Suara Gerejawi atau Pesparawi Nasional XII, yang berdasarkan jadwal akan berlangsung selama sepekan (7 hari) sejak Minggu (29/7/2018) sampai Sabtu (4/8/2018).

Pesparawi Nasional ke – XII ini merupakan agenda rutin tiga tahunan tingkat nasional dan diikuti oleh kontingen, mewakili setiap provinsi di seluruh Indonesia untuk mengikuti beberapa kategori lomba paduan suara, vocal, musik dan pertunjukan kesenian khas tiap-tiap daerah.

“Penetapan Pontianak, sebagai tuan rumah Pesparawi nasional XII berdasarkan hasil musyawarah nasional yang dilaksanakan di Kota Ambon, Propinsi Maluku berkenaan dengan penyelenggaraan Pesparawi nasional XI yang dilaksanakan tahun 2015,” kata Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Kalimantan Barat, Inspektur Jenderal (Irjen) Polisi, Didi Haryono, Jumat (27/7/2018) dalam gelar pasukan pengamanan Pesparawi XII di lapangan Mapolda Kalbar.

Menurut Kapolda, penyelenggaraan Pesparawi nasional XII di Kalimantan Barat memiliki makna yang penting.

“Karena daerah kita memiliki keragaman dalam berbagai aspek. Sehingga akan memberikan dampak positif bagi semua kalangan untuk sebagai simbol kebhinekaan serta kesatuan dan persatuan bangsa, dan juga menimbulkan dampak positif di bidang ekonomi dan bidang-bidang lainnya,” tuturnya.

Even nasional ini sebagai bentuk kepercayaan bangsa Indonesia terhadap wilayah Kalimantan Barat yang ditunjuk sebagai tuan rumah.

“Ini adalah salah satu indikator bahwa Kalbar layak sebagai provinsi untuk menyelanggarakan even nasional bahkan internasional, tentunya juga dari perspektif keamanaan, Kalbar juga kondusif,” tegasnya.

Kapolda menambahkan, sebagai agenda nasional maka kegiatan ini melibatkan secara aktif pihak pemerintah dan berbagai elemen masyarakat yang menjadi satu kesatuan dalam penyelenggaraan Pesparawi. Baik dalam bidang manajemen maupun sumber daya dan tentunya keamanan.

“Sebagaimana salah satu outcome program 100 hari Kapolda yang saatnini sudah tahap ke-III adalah terlaksananya dan terselenggaranya agenda nasional yang lancar dan sukses, salah satunya adalah even nasional yang akan kita amankan, Pesparawi Nasional XII,” tukasnya.

Untuk itulah, sebelum kegiatan tersebut berlangsung maka pada hari ini, Polda Kalbar melaksanakan apel gelar pasukan. Tujuanya adalah dalam rangka pengecekan kelengkapan sarana dan prasarana pendukung serta keterpaduan unsur lintas sektoral untuk mensukseskan pelaksanaan kegiatan nasional ini.

“Untuk menjadikan apel gelar pasukan ini sebagai momentum untuk meningkatkan soliditas serta solidaritas. Mari kita satukan tekat dan komitmen untuk memberikan contoh dan membuktikan kepada masyarakat. Bahwa kita siap untuk mengawal, mengamankan serta mensukseskan Pesparawi Nasional XII tahun 2018,” tandasnya.

Gelar pasukan ini dihadiri Irwasda, para pejabat utama serta para Kapolres dan jajaran Polda Kalbar. (*/ian)

Tinggalkan Komentar