Lomba Desa se – Kubu Raya, Desa Ampera Raya Wakili Kecamatan Ambawang

Wakil Bupati Kubu Raya, Hermanus, Saat Meninjau Stand Yang Disiapkan oleh Masyarakat Desa Ampera Raya di Kecamatan Ambawang (Foto: ian)
Wakil Bupati Kubu Raya, Hermanus, Saat Meninjau Stand Yang Disiapkan oleh Masyarakat Desa Ampera Raya di Kecamatan Ambawang (Foto: ian)

KalbarOnline, Kubu Raya – Lomba Desa bukan sekedar ajang adu gengsi antar Desa atau kegiatan seremonial semata, namun untuk mengetahui kemajuan yang telah dicapai dan pembenahan-pembenahan yang harus dilaksanakan dimasa mendatang untuk mengasah kreatifitas, menumbuhkan rasa memiliki dan kepedulian terhadap kemajuan desa itu sendiri.

Hal tersebut disampaikan, Wakil Bupati Kubu Raya, Hermanus saat membuka kegiatan Lomba Desa Ampera, Kecamatan Sungai Ambawang, Senin (12/3).

Dikesempatan tersebut, Wabup Hermanus juga mengatakan kegiatan lomba Desa juga diamanahkan oleh Permendagri Nomor 81 tahun 2015 tentang evaluasi perkembangan Desa dan Kelurahan. Untuk itu penilaian Lomba Desa dilaksanakan di Sembilan Desa perwakilan terbaik dari setiap Kecamatan.

“Evaluasi dilaksanakan untuk mengukur ketertiban menjalankan urusan pemerintah Desa. Selain itu, mengukur potensi ekonomi Desa, sejauh mana potensi dikelola oleh Desa. Serta peran perempuan melalui PKK dalam menjalankan program pemberdayaan dan kesejahteraan keluarga,” ujarnya.

Sementara itu, Camat Sungai Ambawang, HM Jaini menuturkan sebab terpilihnya Desa Ampera Raya sebagai perwakilan dari Kecamatan Sungai Ambawang, merupakan buah dari kekompakkan dan peran dari setiap leading sektor ditingkat Desa. Seperti BPD, LPM serta Kepala Dusun dan Ketua RT setempat.

“Termasuk PKK, dengan adanya kekompakkan itu maka bisa berbuat sesuatu dalam pembangunan Desa. Selain itu Desa Ampera Raya juga memiliki produk kerajinan unggulan, pertanian, tanaman dan sebagainya,” ucap Jaini.

Menurut Jaini dengan terpilihnya Desa Ampera Raya mewakili Kecamatan Sungai Ambawang dalam lomba Desa tingkat Kabupaten, dirinya juga berkenyakinan Desa Ampera bisa mewakili Kabupaten untuk mengikuti lomba Desa tingkat Provinsi Kalimantan Barat.

“Diakui memang umur Desa Ampera Raya masih terbilang muda, sekitar enam tahun. Namun sudah berbuat banyak. Kemudian sudah banyak bisa diunggulkan. Seperti kriteria-kriteria dalam lomba itu sendiri yang telah dipenuhi oleh Desa Ampera Raya, oleh sebab itu maka wajar Desa Ampera Raya ini bisa mewakili Kecamatan Sungai Ambawang,” tegas Jaini. (ian)

Tinggalkan Komentar