Kapendam XII/Tanjungpura, Kolonel Inf Tri Rana Subekti (Foto: Ian/Hms)
Kapendam XII/Tanjungpura, Kolonel Inf Tri Rana Subekti (Foto: Ian/Hms)

Kapendam: Jangan Lupakan Sejarah

KalbarOnline, Kubu Raya – Kepala Penerangan Daerah Militer (Kapendam) XII/Tpr, Kolonel Infanteri Tri Rana Subekti mengatakan pemutaran Film Gerakan 30 September Partai Komunis Indonesia (G30S/PKI), adalah untuk mengingatkan kepada seluruh prajurit dan keluarga besar Komando Daerah Militer (Kodam) XII/Tpr dan generasi muda, jangan sampai peristiwa yang kelam terulang kembali.

“Ya kegiatan ini meneruskan sejarah yang terjadi saat itu, agar tidak melupakan sejarah,” ujarnya, kepada para wartawan di Makodam XII/Tpr, Jalan Arteri Alianyang, Sungai Raya Kubu Raya, Kalbar, Rabu (20/9).

Pada kesempatan tersebut Kapendam menyampaikan, bahwa Presiden RI pertama Bung Karno pernah mengatakan, jangan lupa Jas Merah (Jangan Sesekali Melupakan Sejarah) dan jangan lupa jasa-jasa para Pahlawan.

Dijelaskan Kapendam bahwa pemutaran Film G30S/PKI juga untuk mengingatkan kepada generasi muda dan prajurit-prajurit TNI agar tidak melupakan sejarah.

“Jangan sampai kejadian yang sama terulang kembali, semuanya sangat menyakitkan dan banyak korban. Untuk itu, seluruh anak bangsa generasi muda harus tahu bahwa bangsa kita pernah punya sejarah yang kelam,” ungkapnya.

Dikatakan Kapendam untuk jajaran Kodam XII/Tpr hingga ke Koramil-koramil sudah siap untuk melaksanakan nonton bersama warga sekitar masing-masing. Bahkan ada sekolah yang langsung meminta kaset DVD untuk nonton bersama di sekolahnya.

Pemutaran Film G30S/PKI, dimulai pada Rabu 20 September 2017 pukul 19.30 wib dan di setiap malam libur hingga malam terakhir pada 30 September warga dan keluarga Kodam akan nonton bareng (Nobar) dalam menyebarluaskan fakta-fakta nilai sejarah bagi seluruh anak bangsa. (Ian)

Print Friendly, PDF & Email

LEAVE A REPLY