Bupati Sintang Berfoto Bersama dengan Para Penenun di Kapuas Raya Expo 2016 (Foto: Sg/Hms)
Bupati Sintang Berfoto Bersama dengan Para Penenun di Kapuas Raya Expo 2016 (Foto: Sg/Hms)

KalbarOnline, Sintang – Bupati Sintang, Jarot Winarno membuka secara resmi kegiatan pameranexpo Kapuas Raya tahun 2016 yang ditandai dengan pemukulan gong, di StadionBaning Sintang, (01/11), ia mengatakan kegiatan Kapuas Raya Expo inimerupakan dalam bentuk mendukung pengembangan usaha mikro, kecil dan

menengah atau UMKM di Kabupaten Sintang, sehingga kemajuan UMKM akanberkorelasi positif dalam upaya mewujudkan masyarakat Sintang yang maju dansejahtera, sebagai bagian dari visi pembangunan daerah. Kata Jarott.

“tantangan yang kita hadapi dalam mengembangkan UMKM cukup besar,seperti aspek permodalan, aspek produksi, aspek promosi, aspek pemasaran, aspek bahan baku dan jiwa kewirausahaan, meskipun demikian, kita harus tetap membangun optimisme, dengan berupaya mencari terobosan yang bermanfaat.

salah satu contohnya, event pameran Kapuas Raya Expo 2016 ini, yang dapat menjadi ajang promosi dan pemasaran dalam mengembangkan UMKM di  Kabupaten Sintang.” Lanjut Jarot Lanjut Bupati Sintang, penyelenggaraan pameran kapuas raya expo 2016 ini meliputi 5 Kabupaten di wilayah timur kalbar, yaitu Sanggau, Sekadau, Melawi, Sintang dan Kapuas Hulu, dengan demikian event ini akan dapat membangun kerjasama antar pelaku UMKM antar daerah, seperti mengidentifikasi permasalahan secara bersama, memfasilitasi pertukaran informasi antar daerah,bahkan membangun aliansi bisnis yang saling menguntungkan.tutur Jarot.

“kepada pihak arjun event organization selaku penyelenggara pameran ini, saya berharap dapat mengelola pameran ini dengan sebak-baiknya dan juga saya mengajak kepada para peserta pameran ini untuk terus membangun partnership atau kemitraan kita secara terus menerus dan berkelanjutan.” pesan jarot.

Ketua Panitia Penyelenggara, Adriyanto mengatakan, kegiatan Kapuas Raya Expo 2016 ini merupakan rangkaian kegiatan dalam rangka memperingati Hari Pahlawan, sehingga mengusung tema “dengan semangat kepahlawanan, kita bangkitkan ekonomi kerakyatan dalam menghadapi era globalisasi dan modernisasi untuk membangun Kabupaten Sintang yang lebih baik”.

Dengan demikian, lanjut Adriyanto, adapun tujuan diselenggarakan kegiatan ini bertujuan untuk menggali potensi sumber daya alam dan sumber daya manusia yang dimana sebagai upaya pengenalan dan menambah wawasan kepada masyarakat terhadap produk-produk yang dijual, sehingga masyarakat akan mencintai produksi dalam negeri dan mengembangkan kreatifitas dalam memanfaatkan event ini sebagai wadah kegiatan” tambah Adriyanto.

Masih kata Adriyanto, kegiatan Pameran Kapuas Raya Expo 2016 ini di laksanakan selama 12 hari dimulai dari tanggal 1 November 2016 hingga 12 November 2016 yang di ikuti sebanyak 130 peserta, dengan peserta yang berpartisipasi seperti, peserta dari alat-alat telekomunikasi, peserta KPR, peserta UKM, peserta PKL, peserta dari hiburan rakyat dan permainan anak-anak, dan tidak hanya 5 Kabupaten saja yang mengikuti kegiatan Kapuas Raya Expo ini, akan tetapi peserta dari Kalimantan Tengah dan Kalimantan Timur juga ikut berpartisipasi”. Tambahnya. (Sg)

Print Friendly, PDF & Email

LEAVE A REPLY