KalbarOnline, Sambas – Bupati Sambas, Atbah Romin Suhaili menargetkan, konsep kemeriahan Festival Pesisir Paloh 2017, dapat mendongkrak hadirnya kunjungan wisatawan lokal dan wisatawan manca negara ke Kabupaten Sambas.

Untuk itu, ia menginginkan seluruh pihak ambil bagian dalam memeriahkan even wisata unggulan Sambas ini.

“Kita ingin heboh, hebohnya lain daripada yang lain. Kita akan kerahkan semua kekuatan lokal, regional kemudian nasional, bahkan internasional akan kita kerahkan juga, bagaimana promosi di luar negeri, di Malaysia. Bila perlu TKI dan TKW kita datang di acara tersebut, majikan-majikannya datang juga,” ujarnya usai rapat persiapan Festival Pesisir Paloh 2017.

Festival Pesisir Paloh 2017 ini menurutnya satu diantara bagian dari upaya persiapan Kabupaten Sambas menuju Kabupaten Wisata.

“Ya jelas kita harus mulai, dan memulainya bukan lagi dari kampungan tetapi dengan logika mindset internasional, bahwa kita mengupgrade cara pikir kita yaitu upgrade dengan wawasan internasional. Potensi-potensi wisata yang ada kita maksimalkan. Nanti seluruh perusahaan, SKPD, Dewan (DPRD Kabupaten Sambas), Kepala Kampung, Camat, semua harus datang. Ayo kita ramaikan. Oleh karena itu harus semangat ini, serius ini. Kita serius dan kita akan dukung,” tuturnya.

Objek-objek wisata di Desa Temajuk cukup banyak. Begitu pula di daerah lainnya di Kabupaten Sambas. Sebagai bentuk keseriusan untuk pengelolaan wisata ke depan, Atbah menegaskan Pemkab Sambas telah mengeluarkan regulasi khusus tentang Pariwisata.

“Perda Pariwisata kita sudah ada, kita sudah memulai dan masyarakat sudah memulai apa adanya, dan masyarakat semakin cerdas, tinggal nanti kita akan support. Di Pemda itu kan ada regulasi, regulasinya sudah ada, yang akan membuat dia semakin hebat adalah pihak ketiga. Maka kita harus bekerjasama dengan pihak ketiga. Kami regulasi, ada pihak ketiga dan masyarakat dilibatkan, jadi,” terangnya.

Atbah menambahkan bahwa Festival Pesisir Paloh akan didorong menjadi agenda wisata nasional. Sehingga ke depan tak menutup kemungkinan dapat menghadirkan Presiden RI.

“Saya berharap acara ini bisa menjadi agenda wisata nasional, sebagai even tahunan. Kita ingin olah ini bagaimana caranya, bila perlu Presiden yang datang,” harapnya.

Rapat persiapan Festival Pesisir Paloh 2017 dipimpin langsung oleh Bupati Sambas, H Atbah Romin Suhaili yang digelar di ruang aula Dinas Perikanan, Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Sambas.

Tampak hadir, Wakil Bupati Sambas, Hj Hairiah. SKPD Kabupaten Sambas, OKP Kwarcab Pramuka Sambas, WWF, BKSDA, Poltesa, POM Sambas dan Jewita Kalbar Chapter Sambas.

Festival Pesisir Paloh 2017 akan digelar selama sepekan, yakni sejak Minggu, 5 November hingga Sabtu, 11 November 2017 di Desa Temajuk, Kecamatan Paloh, Kabupaten Sambas.

Dalam rangkaian acara yang bertemakan ‘Selamatkan Penyu Dibatas Negeri’ ini nantinya akan disuguhkan berbagai hiburan, di antaranya Pemilihan Duta Penyu Paloh 2017, pameran foto dan produk lokal, sosialisasi pengembangan Desa Wisata Temajuk, pemutaran film lingkungan, kemah pesisir Paloh bersama Pengakap Serawak.

Selain itu juga akan dirangkai dengan pemeriksaan kesehatan dan sunatan massal, perekaman E-KTP dan surat keterangan sementara, pembuatan Akte Kelahiran, pembaharuan Kartu Keluarga, sosialisasi program asuransi nelayan, sosialisasi kartu nelayan, pembuatan tanda pencatatan kapal nelayan, pelatihan pengelolaan air bersih, sosialisasi tentang hukum serta sosialisasi jenis-jenis ikan yang dilindungi.

Berbagai aksi juga menjadi rangkaian kemeriahan acara ini, di antaranya Aksi Sapta Pesona (bersih-bersih pantai), Field Trip Monitoring Penyu, pelepasan tukik, atraksi budaya dan kesenian serta penanaman bibit pohon kehidupan. (Mur)

Print Friendly, PDF & Email

LEAVE A REPLY